Gowes di Madinah Pakai Sepeda Listrik, Sewa Rp 200 RIbu Seminggu

Gowes di Madinah Pakai Sepeda Listrik, Sewa Rp 200 RIbu Seminggu

Reporter Disway yang merupakan anggotatim Media Center Haji 2024 menyewa sepeda careem di Madinah. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

Begitu pembayaran berhasil, kita tinggal meng-scan barcode yang menempel di sepeda. Otomatis kunci sepeda terbuka. Sepeda bisa kita pakai ke manapun. Kita bisa menaruh sepeda itu di stasiun Careem Bike manapun. Berrganti-ganti sepeda pun bisa. Misalnya baterai sepeda mau habis, kita bisa tukarkan sepeda di stasiun. 


Sepeda careem di stasion di dekat Taiba Shopping Center. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

Dengan bersepeda, dari Masjid Nabawi kita bisa ke Masjid Quba yang jaraknya 3 km. Di jalur Nabawi-Quba, kanan kirinya pertokoan oleh-oleh yang ditata sangat rapi dan bersih. 

Saat pulang ke pemondokan saya di Kantor Urusan Haji Indonesia, sepeda saya kembali dulu ke stasiun di dekat Mazaia Mall. Lalu berjalan kaki kira-kira 300 meter ke pemondokan. 

Careem didirikan oleh Mudassir Sheikha dan Magnus Olsson. Keduanya mantan konsultan manajemen di McKinsey & Company. Beroperasi sejak 2012. Careem lebih dulu masuk ke Arab Saudi daripada Uber. 

Layanannya berkembang dari taksi online, sewa sepeda, hingga e-wallet. Saat ini Careem sudah ada di 11 negara di Timur Tengah dan Afrika Utara. Saat ini memiliki 6 juta pengguna.  (*)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: