Gowes di Madinah Pakai Sepeda Listrik, Sewa Rp 200 RIbu Seminggu

Gowes di Madinah Pakai Sepeda Listrik, Sewa Rp 200 RIbu Seminggu

Reporter Disway yang merupakan anggotatim Media Center Haji 2024 menyewa sepeda careem di Madinah. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

MADINAH, DISWAY.ID – Jalur pedestrian MADINAH selain nyaman buat pejalan kaki juga ramah untuk pesepeda. Kita bisa sewa sepeda di kota MADINAH Al Munawwarah. Pakai aplikasi Careem. Sewanya 25 riyal untuk 24 jam. Kalau mau lebih irit, sewa seminggu sekalian, hanya 55 riyal atau sekitar Rp 236 ribu. Sewa bulanan juga bisa.

Jalan kaki memang sehat. Bahkan kita dianjurkan jalan kaki minimal 10.000 langkah setiap hari. Tapi berjalan kaki jauh di siang hari di Arab Saudi tentu berat. Apalagi kalau setiap hari. 


Stasiun sepeda careem di depan Hotel Abraj Tabah, Madinah.-Tomy Gutomo-Media Center Haji

Di Madinah, saya setiap hari harus ke Masjid Nabawi. Biasanya saat Subuh. Sementara saya tinggal di Kantor Urusan Haji Indonesia yang jaraknya sekitar 3 km. Di Masjid Nabawi juga sering harus keliling. Terutama bila menemukan jamaah haji yang tersesat dan tidak bisa kembali ke hotel. Sebagai bagian dari petugas haji, saya wajib mengantar jamaah yang kesasar itu sampai ke hotelnya. Bahkan bila perlu sampai depan pintu kamarnya.

BACA JUGA:Usia 101 Tahun, Salim Mampu Tawaf dan Sai Tanpa Kursi Roda

BACA JUGA:Tak Punya Visa Haji, Nenek Asal Tuban yang Telantar Diserahkan oleh PPIH kepada Keluarga

Luas Masjid Nabawi sendiri hampir 4 hektare. Dalam sehari, sport watch saya mencatat rata-rata saya berjalan kaki lebih dari 20 ribu langkah. Kadang-kadang kalau lelah, saya naik taksi. Tarifnya antara SAR 10 hingga SAR 20. 

Setiap hari saya menjumpai stasiun sepeda Careem. Berserak di sekeliling Masjjd Nabawi. Direktur Digital Marketing Careem Rakesh Ramesh menyampaikan di website Careem bahwa bahwa Careem menempatkan 150 ribu sepeda hijau di 165 stasiun di Madinah. 


Sepeda careem menemani reporter Disway keliing Madinah. --Media Center Haji

Itu sepeda semi listrik. Ketika dikayuh terasa sangat ringan. Saya pun mencoba menyewa. Saya lihat ada tiga pilihan tarif. Untuk sewa sehari, 24 jam, tarfnya SAR 25. Untuk sewa seminggu, tarifnya lebih murah. Hanya SAR 55. Kalau dirupiahkan sekitar Rp 236 ribu. Asumsinya SAR 1 = Rp 4.300. 

Jika mau menyewa satu bulan, tarifnya SAR 85 atau Rp 365 ribu. Saya memutuskan menyewa untuk satu minggu. Menjadi tunggangan saya untuk wira-wiri dari Masjid Nabawi dan Kantor Urusan Haji Indonesia. Juga untuk keliing di sekitar Masjid Nabawi. Saya lihat sebagian jamaah haji kita juga mengendarai Careem Bike. 

BACA JUGA: Witan Sulaiman Tiba di Tanah Suci, di Depan Kakbah Doakan Timnas Lolos Piala Dunia

BACA JUGA:Ustaz Masjid Nabawi Minta Jamaah Non Visa Resmi Patuhi Aturan, Kasihan Lansia Kita

Untuk menyewa Careem Bike, pertama kali harus meng-install aplikasi Careem ke HP kita. Setelah memilih Bike, kita tinggal memilih mau menyewa sehari, seminggu, atau sebulan. Pilihan pembayarannya bisa memakai kartu kredit, kartu debit, atau memasukkan voucher yang visa dibeli di marketplace.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: