Pengakuan Syahrul Yasin Limpo Atas Pembelian Lukisan Sujiwo Tejo Ratusan Juta Rupiah Pakai Dana Kementan

Pengakuan Syahrul Yasin Limpo Atas Pembelian Lukisan Sujiwo Tejo Ratusan Juta Rupiah Pakai Dana Kementan

Eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengaku tidak pernah mengetahui wujud lukisan karya Sujiwo Tejo yang dituding dibeli oleh Kementerian Pertanian (Kementan). -ayu novita-

JAKARTA, DISWAY.ID - Eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengaku tidak pernah mengetahui wujud lukisan karya Sujiwo Tejo yang dituding dibeli oleh Kementerian Pertanian (Kementan). 

Eks mentan tersebut menepis kesaksian mantan staf khususnya Joice Triatman yang dihadirkan tim jaksa KPK sebagai saksi dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, pada Rabu, 29 Mei 2024. 

"Saya tolak semua pernyataan bahwa dia (Joice) tidak tahu-menahu. Termasuk di antaranya, izin ketua, lukisan, dia kan MC di situ, dia panitia, dia yang tahu di mana lukisan itu. Kalau dia bilang 'saya tidak tahu, saya tidak tahu', saya tolak itu dan saya akan sampaikan di pembelaan saya," ujar SYL. 

BACA JUGA:Sinopsis Film Boss Level yang Dibintangi Frank Grillo hingga Michelle Yeoh, Tayang di Bioskop Trans TV Malam Ini

BACA JUGA:Mahasiswa Hukum UMP Diduga Plagiat Skripsi S1 Milik Mahasiswa Unsri: Tega Banget Sampai Plek Ketiplek

Dalam hal ini SYL juga mengungkapkan bahwa dirinya hingga saat ini tidak tahu wujud lukisan tersebut. 

"Bahkan, lukisan itu saya sampai detik ini tidak tahu lukisan itu seperti apa. Kalau Kementan beli, kenapa tidak dibawa Kementan. Siapa yang suruh dibawa ke sana (Kantor NasDem)?" lanjut SYL. 

Di sisi lain, Joice mengatakan pernah melihat lukisan yang dibeli oleh Kementan dimaksud dalam suatu acara. 

BACA JUGA:24 WNI Ditangkap saat Miqat di Bir Ali, karena Tak Punya Visa Haji

BACA JUGA:Simak Kebijakan Baru KAI Berlaku Mulai 1 Juni 2024

Joice memastikan lukisan tersebut saat ini berada di Kantor NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat. 

"Lukisan itu dikirimkan oleh panitia ke Gedung Partai NasDem Tower di Gondangdia. Sekilas saya pernah lihat pada saat acara, bukan di Gondangdia-nya. Biaya dari Kementerian Pertanian. Saya sudah laporkan kalau sudah terkirim," ucap Joice. 

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, mantan Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Pimpinan Biro Umum dan Pengadaan Kementan Raden Kiky Mulya Putra mengungkapkan SYL pernah membeli lukisan seniman Sujiwo Tejo senilai Rp200 juta menggunakan uang vendor dan pejabat eselon I Kementan.

Sedangkan pembelian lukisan itu dilakukan pada 11 Agustus 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: