Amanat Jokowi di Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila: Indonesia Harus Bebas dari Ketergantungan Asing!

Amanat Jokowi di Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila: Indonesia Harus Bebas dari Ketergantungan Asing!

Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Sabtu 1 Juni 2024-Fandi Permana-

DUMAI, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Kota Dumai, Riau. 

Dalam amanatnya, Jokowi mengajak masyarakat bersyukur bahwa Pancasila yang menjadi Ideologi bangsa membuat Indonesia tetap kokoh berdiri di tengah ketidakpastian situasi global.

BACA JUGA:Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Melayu

BACA JUGA:1 Juni Bukan Hanya Diperingati Harlah Pancasila, Ternyata Ada Hari Istimewa Lainnya

Jokowi menyerukan agar Indonesia terus bersatu padu dan meneguhkan Pancasila sehingga membuat perekonomian tumbuh di tengah ketidakpastian global.

"Dalam geopolitik yang penuh ketegangan dan rivalitas, kita harus selalu optimis karena kita punya Pancasila yang memandu arah bangsa," kata Jokowi saat memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau, Sabtu 1 Juni 2024. 

Jokowi juga menyampaikan amanat perihal keharusan seluruh rakyat untuk memupuk modal sosial dan modal budaya yang kokoh. Sebab Indonesia punya sumber daya manusia dan alam yang melimpah.

"Oleh karena itu, kita harus terus perkokoh kemandirian bangsa dan berdikari dalam ekonomi," ucapnya.

BACA JUGA:Wujud Kemandirian Energi, Pertamina Bangga Jadi Tuan Rumah Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

BACA JUGA:Jelang Upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan, BPIP Lakukan Gladi Bersih

Masih dalam amanatnya, Jokowi juga menegaskan pentingnya kemandirian ekonomi, hal itu diwujudkan dengan pengambilalihan sumber migas terbesar di Indonesia yakni Blok Rokan, di Dumai, Riau yang kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi setelah 90 tahun lebih dikelola asing. 

"Selama 97 tahun Blok Rokan dikelola perusahaan migas asal Amerika Serikat, Caltex dan Chevron. Tapi sejak di 2021, Indonesia merebutnya dan kini dipegang penuh PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

"Kita ambil alih Blok Rokan ini di Dumai yang merupakan blok migas paling produktif dalam sejarah perminyakan Indonesia, yang sudah dikelola perusahaan asing Caltex dan Chevron selama 97 tahun. Kita harapkan kehadiran Pancasila sebagai pembebas dari ketergantungan kita pada pihak asing," kata Jokowi.

BACA JUGA:Hari Ini, Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan Riau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: