Boeing Kembali Jadi Sorotan saat Mesin Pesawat Air Canada Terbakar Usai Lepas Landas

Boeing Kembali Jadi Sorotan saat Mesin Pesawat Air Canada Terbakar Usai Lepas Landas

Air Canada AC 872 Boeing 777 terbakar saat lepas landas--Financial Express/X

JAKARTA, DISWAY.ID – Boeing kembali menghadapi masalah saat Air Canada AC 872 terlihat terbakar di bagian ekor.

Pesawat Boeing 777 itu membawa hampir 400 penumpang, kata maskapai penerbangan.

Media sosial menjadi heboh pada hari Jumat, setelah akun X memposting video penerbangan Air Canada yang tampak terbakar.

BACA JUGA:Pesawat Boeing 737 Milik Air Senegal Terbakar, Usai Tergelincir dari Landasan Pacu di Bandara

Air Canada itu terjadi saat berangkat dari Toronto dalam perjalanan ke Paris pada 5 Juni. Para pejabat mengatakan, pesawat Boeing 777 itu membawa 389 penumpang dan 13 awak.

Video tersebut diambil oleh seorang penonton di landasan, menunjukkan pesawat tersebut terbang ratusan kaki di udara sementara api mulai berkobar di dekat mesinnya.

BACA JUGA: 2 Whistleblower Tewas Misterius, Boeing Masih Hadapi 10 Pelapor

Pesawat segera mendarat setelahnya dikutip dari Fox News. 

“Tidak akan menyalahkan penumpang karena tidak ingin terbang setelah pesawat itu kembali dengan selamat..." tulis salah satu pengguna X menanggapi rekaman tersebut.

Dalam pernyataan yang diterbitkan pada hari Jumat, Air Canada menjelaskan bahwa kebakaran tersebut disebabkan oleh "masalah mesin kompresor mati."

BACA JUGA:Pesawat Boeing 737-800 United Airlines Mengalami Masalah dalam Penerbangan, FAA Selidiki Panel Hilang

“Pesawat mendarat dengan normal, dan disusul oleh kendaraan tanggap pertama sebagai tindakan pencegahan,” bunyi siaran pers maskapai tersebut.

"Penumpang dievakuasi di pesawat lain pada malam yang sama,” tulisnya.

Para pejabat juga menjelaskan apa sebenarnya yang terjadi dengan mesin jet dalam video tersebut.

Video yang diunggah ke internet mengenai kejadian tersebut menunjukkan mesin berada di titik kompresor mati.

BACA JUGA:Insiden LATAM Airlines Lukai 50 Penumpang, Boeing Hadapi Krisis Keselamatan Penerbangan

“Yang dapat terjadi pada mesin turbin ketika aerodinamisnya terpengaruh," tambah Air Canada.

 “Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, namun akibatnya aliran udara yang melalui mesin terganggu sehingga menyebabkan bahan bakar terbakar lebih jauh ke bawah mesin, sehingga terlihat nyala api dalam video. Bukan mesinnya yang terbakar,” tulisnya.

BACA JUGA:Insiden LATAM Airlines Lukai 50 Penumpang, Boeing Hadapi Krisis Keselamatan Penerbangan

Boeing Hadapi Masalah

Dilansir dari Al Jazeera, Kepala eksekutif Boeing tengah menghadapi di Senat Amerika Serikat untuk menjawab pertanyaan tentang klaim pelapor mengenai pelanggaran keselamatan di raksasa pesawat terbang tersebut.

Kemunculan CEO Dave Calhoun pada 18 Juni terjadi setelah empat pelapor mengatakan pada sidang Senat pada bulan April bahwa ada masalah serius dengan produksi 737 MAX, 787 Dreamliner, dan pesawat 777.

BACA JUGA:Lagi! Pesawat Boeing 777 Milik American Airlines Mendarat Darurat di Los Angeles, Masalah Mekanis Sebabkan Pecah Ban

Senator Richard Blumenthal, yang mengetuai Subkomite Permanen Investigasi, mengatakan kesaksian Calhoun akan menjadi “langkah penting” dalam mengatasi kegagalan Boeing dan mendapatkan kembali kepercayaan publik.

Insiden tersebut memperbarui kekhawatiran mengenai standar keselamatan Boeing yang mengemuka setelah dua kecelakaan fatal pada tahun 2018 dan 2019 yang menewaskan 346 orang.

BACA JUGA:Lagi! Pesawat Boeing 777 Milik American Airlines Mendarat Darurat di Los Angeles, Masalah Mekanis Sebabkan Pecah Ban

Boeing, yang juga menghadapi penyelidikan kriminal atas ledakan di udara pada bulan Januari, mengatakan pihaknya yakin pihaknya menepati janjinya untuk menunda perjanjian penuntutan.

Calhoun, yang diangkat menjadi CEO pada tahun 2020, mengumumkan pada bulan Maret bahwa ia akan mengundurkan diri dari perusahaan tersebut sebagai bagian dari perombakan manajemen yang luas di perusahaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: