Walau Rupiah Melemah, Transaksi Jual Beli Dolar di Money Changer Belum Ada Lonjakan

Walau Rupiah Melemah, Transaksi Jual Beli Dolar di Money Changer Belum Ada Lonjakan

Walau Rupiah Melemah, Transaksi Jual Beli Dolar di Money Changer Belum Ada Lonjakan-Disway/Bianca Chairunisa-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Hingga Juni 2024 ini, nilai tukar mata uang Rupiah masih terus melemah terhadap mata uang Dolar Amerika Serikat (AS). 

Terpantau pada 22 Juni ini, nilai tukar Dolar kembali naik dan berada pada level Rp 16.477. 

BACA JUGA:Nilai Tukar Rupiah Melemah, Jokowi Panggil Sri Mulyani ke Istana

BACA JUGA:Rupiah Melemah Bisa Picu Kenaikan Harga Tiket Pesawat, Pengaruhi Harga Avtur

Seiring dengan keadaan tersebut, sejumlah Money Changer di beberapa daerah di kawasan Jakarta juga telah menetapkan harga jual dan beli di atas nilai tukar Rupiah yang sudah ditetapkan.

Salah satu Money Changer yang sudah menerapkan ketentuan ini adalah Gandaria Money Changer, yang bertempat di mall Gandaria City, Jakarta Selatan. Berdasarkan pantauan Disway pada Sabtu 22 Juni 2024, Gandaria Money Changer menetapkan harga beli sebesar Rp 16.425 dan harga jual sebesar Rp 16.490. 

Selain itu menurut keterangan pemilik Gandaria Money Changer, Hamdah, juga menambahkan bahwa memang ada nasabah yang datang untuk menjual Dolar mereka, namun jumlah tersebut tidak masif dan jumlahnya masih terbilang setara dengan nasabah yang ingin membeli Dolar.

BACA JUGA:Peringatan Ekonom INDEF: Begini Dampak Nilai Tukar Rupiah Melemah Terhadap Proyek Strategi Nasional

BACA JUGA:Kurs Rupiah Melemah, Industri Kesehatan Ikut Terdampak?

"Memang ada yang dateng buat jual Dolar, tapi ya jumlahnya gak lebih banyak atau lebih sedikit dari yang beli Dolar. Karena itukan tergantung kebutuhan masing-masing," ujar Hamdah saat ditemui oleh Disway pada hari yang sama.

Hal serupa juga terjadi di money changer yang juga terletak di mall Gandaria City, yaitu D8 Money Changer. Menurut keterangan salah satu pegawai D8 Money Changer, Ari, harga nilai tukar yang mereka terapkan adalah Rp 16.500 untuk harga beli dan Rp 16.400 untuk harga jual.

Lebih lanjut, Ari juga menambahkan bahwa masih belum ada pergerakan yang signifikan dari transaksi penjualan Dolar.

"Kalau untuk transaksi sendiri, saat ini masih belum ada perubahan yang signifikan," jelas Ari saat ditemui di kesempatan yang sama.

BACA JUGA:Rupiah Melemah ke Rp16 Ribu Lebih per Dolar AS, Jokowi: Masih di Posisi yang Baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: