KPK Lakukan Upaya Pembentukan Calon Percontohan Kabupaten/Kota Antikorupsi Tahun 2024

KPK Lakukan Upaya Pembentukan Calon Percontohan Kabupaten/Kota Antikorupsi Tahun 2024

KPK Lakukan Upaya Pembentukan Calon Percontohan Kabupaten/Kota Antikorupsi tahun 2024-Dok. KPK-

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat (Ditpermas) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Kota Surakarta dan Bandung. 

Acara ini merupakan bagian dari upaya pembentukan calon Percontohan Kabupaten atau Kota Antikorupsi tahun 2024. 

BACA JUGA:KPK Pantau Sejumlah Persoalan di Sektor Pertambangan 

BACA JUGA:KPK Minta Perizinan Sektor Tambang Dikelola dengan Profesional dan Berintegritas

Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK, Kumbul Kusdwijanto Sudjadi, menekankan akan pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berintegritas dan berakhlak mulia untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 yang antikorupsi. 

Adapun salah satu strategi KPK yaitu membangun budaya antikorupsi mulai dari diri sendiri, keluarga, pemerintah desa, hingga tingkat negara. 

"KPK telah membentuk 62 Percontohan Desa Antikorupsi di 33 provinsi dari tahun 2021 hingga 2023. Program Percontohan Kabupaten atau Kota Antikorupsi ini diinisiasi oleh KPK bersama Kementerian terkait karena tingginya kasus korupsi di pemerintah kabupaten atau kota, yakni 601 kasus sejak 2004 hingga 2023," jelas Kumbul dikutip pada Sabtu, 29 Juni 2024. 

Lebih lanjut, Inspektur Provinsi Jawa Tengah, Dhoni Widianto, mengapresiasi KPK yang terus membina pemerintah daerah untuk menjaga nilai-nilai antikorupsi. 

BACA JUGA:Adian Geram Sikap Penyidik KPK Rossa Purbo Bekti Periksa Hasto Kristiyanto Layaknya Teroris

BACA JUGA:Kuasa Hukum SYL Sebut Kliennya Tak Terima Ucapan Jaksa KPK

"Kami berharap kegiatan Bimtek ini bisa menambah pengetahuan dan meningkatkan upaya pemberantasan korupsi di Kota Surakarta," ungkapnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kota Surakarta juga menyampaikan harapannya agar Bimtek ini bisa meningkatkan semangat dan peran serta masyarakat dalam memberantas korupsi sehingga budaya antikorupsi tumbuh di Kota Surakarta. 

Ia berharap agar peserta bisa mengimplementasikan apa yang dipelajari selama Bimtek untuk mewujudkan pemerintahan, masyarakat, dan Kota Surakarta yang bersih dan antikorupsi. 

Kegiatan serupa juga digelar KPK di Kabupaten Badung, Bali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: