Mengenal Henti Jantung, Kondisi yang Diduga Dialami Mendiang Zhang Zhi Jie

Mengenal Henti Jantung, Kondisi yang Diduga Dialami Mendiang Zhang Zhi Jie

Zhang Zhi Jie meninggal diduga mengalami henti jantung--X

Dokter spesialis jantung konsultan kardiologi intervensi dr Bobby Arfhan Anwar SpJP(K) menambahkan, dua penyebab paling sering henti jantung mendadak pada atlet muda adalah gangguan irama jantung dan hypertrophic cardiomyopathy (penebalan otot jantung ekstrem).

Kedua gangguan ini umumnya disebabkan oleh faktor genetik atau bawaan seseorang sejak lahir.

"Pada saat olahraga, khususnya olahraga kompetitif, frekuensi denyut jantung akan meningkat bisa sampai ke frekuensi denyut jantung maksimal," terang dr. Bobby, dikutip dari media sosial Instagram @dr.bobbyjantung, 3 Juli 2024.

BACA JUGA:Simak Rekomendasi Dokter Sebelum Naik Pesawat Bagi Pasien Riwayat Penyakit Jantung

Hal ini dapat memicu episode gangguan irama jantung berat ventrikuler takikardi yang berujung pada henti jantung mendadak.

Ketika henti jantung mendadak terjadi, penanganan pertama secepat mungkin sangat penting dilakukan.

"Setiap orang yang berada di sekitarnya harus segera memberikan kompresi jantung luar agar jantung korban tetap memompa," tuturnya.

Ia pun menyebutkan bahwa alat bernama automatic external defibrilator (AED) sangat penting untuk disediakan pada event olahraga karena pentingnya kegunaannya.

BACA JUGA:Canggih! Kini Ada Stetoskop AI, Deteksi Penyakit Jantung Koroner dan Gagal Jantung

"Dengan AED, kita bisa mengetahui dengan segera jenis gangguan irama jantung pasien dan juga langsung melakukan terapi kejut listrik untuk penyelamatan," paparnya.

Namun, apabila tidak terdapat AED, resusitasi jantung paru (RJP) atau cardiopulmonary resuscitation (CPR) harus dilakukan sesegera mungkin sebagai penanganan awal.

"Kemungkinan ROSC (return of spontaneous circulation) akan meningkat jika segera defibrilasi/kejut jantung pada 3-4 menit awal. Oleh sebab itu, alat seperti AED sebaiknya tersedia di fasilitas umum," kata Satria.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: