Telkom Komitmen Dorong Perluasan Penggunaan AI di Indonesia

Telkom Komitmen Dorong Perluasan Penggunaan AI di Indonesia

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai perusahaan digital telco yang dipercaya menjadi lokomotif digitalisasi di Indonesia, berkomitmen dalam mengembangkan AI.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin masif  digunakan di Indonesia. Pemanfaatan AI menunjukkan potensi yang luar biasa dalam berbagai sektor di tanah air, meskipun penerapannya masih perlu diperluas.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai perusahaan digital telco yang dipercaya menjadi lokomotif digitalisasi di Indonesia, berkomitmen dalam mengembangkan AI yang berdampak positif kepada bangsa. 

Strategi besar pengembangan AI di Telkom bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi baik di internal dan eksternal perusahaan, serta melakukan inovasi yang dapat mendukung bisnis maupun membuka peluang bisnis baru.

BACA JUGA:Telkom Buka Pendaftaran Program Digistar Class 2024, Siapkan Future Digital Talent

Langkah yang dilakukan Telkom juga  selaras dengan salah satu rekomendasi Indonesia Digital Society Forum (IDSF), yaitu turut mengembangkan infrastruktur AI, seperti pusat data yang aman dan andal, dengan jaringan  internet cepat dan platform cloud untuk pengolahan dan penyimpanan data yang efisien. 

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan solusi yang relevan dengan kebutuhan  berbagai sektor, termasuk pengembangan solusi dengan menerapkan teknologi AI. Saat ini kami  telah memiliki infrastruktur pusat data AI yang dijamin keamanannya,” ujar EVP Digital Business  and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa pada kegiatan webinar “Discover the Latest AI 

Driven Business Performance Insights and Best Practices in Unleashing the Power of Data and  Intelligence” yang digelar oleh IDSF beberapa waktu lalu. 

Salah satu produk BigBox, yang berada di bawah naungan Leap-Telkom Digital, memiliki fitur  bernama BigVision yang telah dilengkapi oleh AI.

BACA JUGA:Perluas Akses Kehidupan Desa, Telkom Rekonstruksi Jembatan Gantung di Cimahpar Sukabumi

BigVision mampu menganalisis dan  mengidentifikasi kerumunan orang dalam area tertentu, menghitung jumlah orang yang berada  di sana, dan dapat mengidentifikasi pola perilaku dalam kerumunan tersebut.

Teknologi BigVisionbermanfaat bagi berbagai perusahaan untuk mengenali perilaku karyawan dan perilaku orang  lain di ruang umum seperti sekolah, bandara, terminal, stasiun, dan tempat-tempat lainnya yang  banyak dilalui.  

Selain itu, Telkom juga mengembangkan AI dalam bentuk chatbot yang membantu berbagai  sektor untuk mendapatkan solusi terbaik.

Pada ekosistem myIndibiz, terdapat chatbot bernama  Bizy yang mampu membantu UKM di Indonesia mendapatkan solusi sesuai kebutuhannya pada  produk dan layanan digital yang ada di Leap-Telkom Digital. 

BACA JUGA:Telkom Bantu Startup untuk Berkontribusi dalam Pengembangan IKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: