Serangan Ransomware 'Tidak Bisa Dicegah', Ini Jurus Jitu Zerto Jaga Keamanan Data Perusahaan

Serangan Ransomware 'Tidak Bisa Dicegah', Ini Jurus Jitu Zerto Jaga Keamanan Data Perusahaan

Serangan Ransomware 'Tidak Bisa Dicegah', Ini Jurus Jitu Zerto Jaga Keamanan Data Perusahaan---Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Storage Technology Architect dari HPE Indonesia representing Zerto, Lisa Permatasari mengatakan, pihaknya memiliki jurus jitu dalam menjaga keamanan data perusahaan.

Baru-baru ini, publik Indonesia dihebohkan dengan serangan ransomware ke Pusat Data Nasional (PDN) yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Serangan ransomware Lockbit 3.0 ke Pusat Data Nasional (PDN) memberikan dampak yaitu terganggunya sejumlah layanan publik selama beberapa hari terakhir.

Dalam lanskap digital saat ini, serangan ransomware menjadi semakin canggih dan sering terjadi serta tidak bisa dicegah. Perlunya memastikan perusahaan yang siap selalu dalam merespons secara efektif serangan ransomware sangatlah penting.

BACA JUGA:Eks Dirjen Kominfo Mengaku Sudah Coba Kunci Ransomware dari Brain Cipher, Hasilnya Bisa Buka PDNS

Lisa mengatakan bahwa solusi Zerto dapat membantu perusahaan agar pulih dengan cepat dari serangan ransomware dan meminimalkan down time.

Lisa menambahkan, ada beberapa Langkah yang efektif dalam menangani serangan ransomware. Yang pertama, bagaimana melakukan recover dengan cepat. Karena untuk serangan ransomware ini biasanya harus meminimalisir data loss dan juga down time.


--

Sehingga jika perusahaan melakukan recover dengan cepat, berarti perusahaan bisa melanjutkan kembali bisnis yang tadinya berhenti karena adanya serangan ransomware, dikembalikan lagi keadaannya seperti sebelum adanya serangan ransomware. Yang kedua, kalau pun ada data loss, kalau bisa data-lossnya seminimal mungkin.

Ada beberapa keuntungan untuk perusahaan yang menggunakan Zerto jika terkena serangan ransomware. Perusahaan yang menggunakan Zerto dapat melakukan recover dengan cepat. Zerto bisa melakukan rewind kondisi workload perusahaan atau yang terkena serangan tersebut dengan sangat cepat, dengan data loss yang sangat minim.

BACA JUGA:PDN Diserang Ransomware, Pj Heru Budi: Milik Pemprov DKI Sementara Ini...

“Karena Zerto bisa menciptakan recovery point (RPO) setiap 5 hingga 15 detik. Sehingga dengan begitu data lossnya hanya sekitar 5 sampai 15 detik saja. Serta untuk recovery time akan sangat cepat sehingga kita bisa kembali melanjutkan bisnis perusahaan kita jika terkena serangan enkripsi massal” Jelasnya.

Selain itu, Zerto juga bekerjasama dengan Zettagrid Indonesia dalam memasarkan solusi backup dan disaster recovery data. Aditya Irawan selaku Lead Product Architect PT Arupa Cloud Nusantara, mengatakan bahwa tidak hanya menyediakan lisensi, Arupa melalui Zettagrid Indonesia sebagai Cloud Service Provider (CSP) sudah mengoperasikan Zerto sejak 2018 dengan branding SecondSite DRaaS by Zerto.

“Engineers kami memiliki pengalaman membantu organisasi melakukan implementasi Zerto, mengoperasikannya, melakukan disaster recovery drill (DR Drill) dan merawatnya sesuai dengan best practice dari Zerto. Sampai saat ini, kami mengelola perlindungan lebih dari 100 VM menggunakan Zerto” Pungkas Adit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: