Mengenal Sakit Kepala Servikogenik, Bisa Diobati dengan Gerakan Yoga

Mengenal Sakit Kepala Servikogenik, Bisa Diobati dengan Gerakan Yoga

Ilustrasi Sakit Kepala-pixabay.com-

Terutama pada obat-obatan yang dalam jangka panjang dapat berpengaruh pada kerusakan ginjal.

"Pengobatan selama ini belum berhasil karena biasanya kita hanya berlandaskan pada obat-obatan. Sedangkan fisioterapi bersifat pasif, digerakkan leh terapis, sehingga efeknya juga tidak maksimal," ungkapnya.

BACA JUGA:Istri Bantah Meninggalnya Babe Cabita Dipicu Konsumsi Obat Sakit Kepala, Ini Faktanya

Oleh karena itu, ia menyarankan agar penderita mulai melakukan yoga sebagai salah satu cara pengobatan CGH.

Selain efektif, yoga bisa dilakukan kapan saja di rumah serta tidak memerlukan peralatan, seperti sepatu atau raket.

Efektivitas yoga sebagai terapi CGH ini berdasarkan penelitian yang dilakukannya yang membuktikan bahwa yoga modifikasi mampu membantu pasien memperbaiki kondisi sakit kepala tersebut.

"Saya lakukan penelitian pada orang-orang yang mengalami CGH selama 12 minggu, dibandingkan yang tidak yoga. Alhamdulillah hasilnya ternyata perbaikan nyerinya sampai ada yang hilang, sama sekali tidak nyeri lagi," tandasnya.

BACA JUGA:Trik Pijat untuk Redakan Sakit Kepala, Lakukan dengan Lembut Jangan Kasar Ya!

Yoga merupakan salah satu olahraga fisik dari India yang terkenal memberikan manfaat relaksasi serta mengeluarkan racun hasil metabolisme tubuh.

"Gerakan dalam yoga memicu terbentuknya atau teperbaikinya kelenturan otot, postur tubuh yang seimbang, aligment tubuh yang tepat, serta pola olah pernapasan yang baik," paparnya.

Sehingga, terapi CGH melalui yoga diyakini dapat membuka kekakuan sendi, memperbaiki postur dan alignment tubuh, melenturkan otot, memperbaiki keseimbangan, serta meningkatkan energi melalui penyelarasan gerakan fisik dan olah napas.

Pada yoga, terdapat unsur asana (latihan peregangan otot) dan ranayama (latihan olah pernapasan) yang terdiri dari ratusan gerakan.

Sedangkan untuk terapi bagi pasien CGH, perlu gerakan yang sesuai dengan kondisi mereka.

BACA JUGA:Tersiksa saat Sakit Kepala Sebelah, Ternyata Ini Pemicu Utama Migrain

"Saya hanya pilih empat (gerakan yoga) saja, standing yoga dari Iyengar B.K.S. Karena memang CGH ini yang pertama masalah itu kan persendian."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: