JIIPE KEK Gresik Meraih Penghargaan KEK Industri Terbaik

JIIPE KEK Gresik Meraih Penghargaan KEK Industri Terbaik

KEK JIIPE Gresik yang merupakan mega proyek hasil kerjasama strategis PT Pelabuhan Indonesia (Persero) & PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) memperoleh penghargaan.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kawasan Ekonomi Khusus Java Integrated Industrial & Port Estate Gresik (KEK JIIPE Gresik) yang merupakan mega proyek hasil kerjasama strategis PT Pelabuhan Indonesia (Persero) & PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) memperoleh penghargaan Kawasan Ekonomi Khusus Industri Terbaik dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Jakarta (18/07).

Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, Java Integrated Industrial & Port Estate (JIIPE) yang dioperasikan oleh anak perusahaan PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus berkategori industri melalui PP No.71 Tahun 2021 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Gresik dan telah menerima Surat Keputusan beroperasi penuh pada tanggal 8 November 2022.

Pemerintah melalui PP 40 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus juga telah menyiapkan insentif fiskal maupun nonfiskal, yang menegaskan komitmen pemerintah untuk memberikan dukungan kepada pengembangan industri dan investasi di tanah air.

BACA JUGA:Pelindo Jasa Maritim Berikan Layanan Terbaik, Terima Masukan Hingga Untuk Kepuasan Pemakai

Insentif Fiskal secara rinci tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 237/PMK.010/2020 tentang Perlakuan Perpajakan, Kepabeanan dan Cukai pada Kawasan Ekonomi Khusus.

Presiden Direktur AKRA, Haryanto Adikoesoemo menyatakan, KEK Gresik, JIIPE juga telah menyediakan fasilitas utilitas berkelas dunia yang dibutuhkan industri, serta pelabuhan khusus dan telah menjadi tujuan berinvestasi bagi banyak Perusahaan asing maupun domestik.

“Penghargaan ini merupakan pengakuan dan bentuk dukungan Pemerintah kepada KEK JIIPE Gresik. Kami berharap KEK JIIPE Gresik akan semakin menarik Investor dari Luar maupun Dalam Negeri,” ungkap Haryanto, dalam siaran pers.

Dia melanjutkan, dengan berkembangnya ekosistem hilirisasi yang didorong oleh beroperasinya Smelter Tembaga Terbesar dunia di JIIPE serta ekosistem industri lainnya, akan mendorong pertumbuhan industri bernilai tambah di Indonesia.

Selain itu, dengan adanya ketersediaan utilitas industri kelas dunia yang dioperasikan oleh PT BKMS, serta jasa pelabuhan laut dalam yang dioperasikan oleh PT Berlian Manyar Sejatera (BMS) selaku anak perusahaan dari Pelindo untuk memberikan pelayanan kepada tenant tenant di JIIPE dalam mendapatkan kemudahan serta akses yang strategis.

BACA JUGA:Pelindo Jasa Maritim Luncurkan Call Center, Beri Kemudahan untuk Pelanggan

“Pertumbuhan-pertumbuhan ini sekaligus akan mendorong perekonomian regional Jawa Timur dan membantu program Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan daya saing industri dalam negeri,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: