Menhub Budi Karya Ajak Pelaku Usaha untuk Berpartisipasi dan Berinvestasi di Pelabulan Patimban-Jawa Barat

Menhub Budi Karya Ajak Pelaku Usaha untuk Berpartisipasi dan Berinvestasi di Pelabulan Patimban-Jawa Barat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak para pelaku usaha untuk dapat berpartisipasi, berinvestasi serta melakukan kegiatan usaha dan berbisnis di Pelabuhan Patimban-Dok. Kemenhub-

BACA JUGA:Kemenhub Larang Pegawai Ikut Judi Online, Resmi Terbitkan Surat Edaran

Untuk keperluan backup area, Kemenhub telah membebaskan tanah seluas ±350 Ha. 

Selain untuk menunjang kegiatan utama pelabuhan dan kegiatan bongkar muat, area tersebut juga dapat digunakan untuk pengembangan kawasan industri baru yang dapat mengefisienkan biaya logistik. 

Pelabuhan Patimban saat ini sudah memiliki berbagai fasilitas operasional, diantaranya automation gate di terminal internasional, receiving area di terminal domestik dan internasional, fasilitas lengkap pada area inspeksi, pre yard, storage yard, CCTV keamanan pada 20 titik, hingga lampu penerangan pada area storage dan dermaga. 

Pelabuhan ini juga dilengkapi dengan CIQP (Customs Immigration Quarantine Procedure) untuk mendukung kegiatan ekspor dan impor. 

BACA JUGA:Heli Jatuh Akibat Terlilit Tali Layangan, Operator Lapor ke Kemenhub

Pelayanan kapal di pelabuhan ini dilakukan secara online melalui Inaportnet. 

Pelabuhan Patimban yang telah selesai di bangun pada Tahap I-1 saat ini telah dioperasikan sejak tahun 2020 melalui operasional sementara dan pada tahun 2021 dioperasikan secara penuh dengan pengelolaan pelabuhan/operator yaitu Badan Usaha Pelabuhan PT PPI. 

BACA JUGA:Menhub Jajal Bus BTS Balikpapan City Trans yang Resmi Beroperasi Sejak Awal Juli

Pada tahun 2021 Terminal Kendaraan yang berkapasitas 218.000 cbu/tahun telah melayani operasional dengan total muatan 31.856 CBU/tahun atau 15 persen dari kapasitas. 

Lalu pada tahun 2022 total muatan naik menjadi 198.064 CBU/tahun atau 91,1 persen dari kapasitas, dan tahun 2023 total muatan 224.935 CBU atau 103,18 persen dari kapasitas. 

Pada Juni 2024 total muatan sudah mencapai 90.659 CBU atau 41,59 persen dari kapasitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: