Studi: Angka Harapan Hidup Anjing dan Kucing di Indonesia Rendah

Studi: Angka Harapan Hidup Anjing dan Kucing di Indonesia Rendah

Usia anjing dan kucing di Indonesia rendah--Levoit

JAKARTA, DISWAY.ID - Sebuah penelitian mengungkapkan angka harapan hidup anjing dan kucing di Indonesia rendah. 

Hasil studi terbaru bertajuk "Vet Visitation Research" yang digagas Royal Canin bertujuan untuk memberikan informasi tentang lanskap perawatan hewan kesayangan di Indonesia, khususnya kucing dan anjing. 

Hasil studi menunjukkan bahwa usia harapan hidup kucing di Indonesia adalah 5,3 tahun, sementara anjing adalah 5,7 tahun, jauh di bawah rata-rata global, yang mencapai 10-15 tahun untuk kucing dan 10-13,7 tahun untuk anjing.

BACA JUGA:Wow! KJRI Chicago Bantu Skuad DBL All-Star Lanjutkan Studi di Amerika Serikat

Studi ini melibatkan sejumlah pemilik hewan peliharaan, yang sebagian besar adalah wanita muda. Mereka mengunjungi klinik hewan pada tahun 2023 di tujuh wilayah utama di Indonesia, termasuk Bali dan Indonesia Timur. 

Data yang digunakan dalam studi ini dikumpulkan langsung dari para pemilik hewan peliharaan tersebut selama kunjungan mereka ke klinik hewan.

BACA JUGA:Penting Berikan Makanan Bernutrisi untuk Anabul Kesayangan, Bulu Jadi Lebih Indah

Penyebab Rendahnya Angka Harapan Hidup Kucing dan Anjing

Rendahnya usia harapan hidup kucing dan anjing di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk rendahnya kesadaran pemilik hewan kesayangan untuk memeriksakan hewan mereka secara rutin ke dokter hewan. 

Menurut studi, 7 dari 10 pemilik hewan kesayangan tidak membawa hewan mereka ke dokter hewan, sementara hanya 17% dari mereka yang melakukan sterilisasi pada hewan kesayangan mereka, sebuah praktik yang tidak hanya penting untuk mengendalikan populasi, tetapi juga untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup hewan kesayangan.

Kondisi ini juga diperparah dengan kurangnya interaksi antara pemilik hewan dengan hewan kesayangannya setelah pandemi. 

BACA JUGA:Mau Mudik tapi Bingung Nitip Anabul di Mana? Ada 100 Kandang Kucing di Sini Nih

Ragam faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya usia harapan hidup kucing dan anjing di Indonesia, menunjukkan pentingnya edukasi yang lebih luas dan upaya pencegahan yang lebih aktif untuk meningkatkan kesadaran akan perawatan hewan kesayangan di Indonesia, serta pentingnya peran dokter hewan dalam memastikan kesehatan dan umur panjang hewan kesayangan.

Ridarrahim Nirwandar, President Director of Royal Canin Indonesia, menyatakan mengetahui fakta yang terungkap melalui studi internal, semakin memotivasi untuk memperkuat komitmen dalam menghadirkan produk dengan nutrisi tepat yang dibutuhkan oleh kucing dan anjing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: