Jokowi Klaim Angka Pengangguran dan Kemiskinan di 2024 Turun Signifikan

Jokowi Klaim Angka Pengangguran dan Kemiskinan di 2024 Turun Signifikan

Presiden Jokowi saat pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR/DPR.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Jokowi mengklaim di era kepemimpinannya, aangka pengangguran dan kemiskinan berhasil turun. 

Ia mengklaim pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap stabil meski diterpa banyak tantangan dan ketidakpastian, kondisi politik dan ekonomi.

"Alhamdulillah, walau diterpa banyak tantangan dan ketidakpastian, kondisi politik dan ekonomi kita tetap stabil, bahkan mampu tumbuh secara berkelanjutan," kata Jokowi dalam sidang paripurna DPR, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2024.

BACA JUGA:Dikasih Bonus Rp6 Miliar, Ini Pesan Veddriq Leonardo untuk Jokowi

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan pertumbuhan ekonomi RI selalu terjaga di kisaran 5,0 persen. 

Angka ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata pertumbuhan global yang hanya sebesar 3,4 persen, selama dirinya menjabat.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia selalu terjaga di kisaran 5,0 persen, lebih tinggi dibandingkan rata-rata pertumbuhan global yang sebesar 3,4 persen," ujar Jokowi.

BACA JUGA:Jokowi Pidato Soal Govtech, Menpan RB: Kami Sedang Siapkan Berbagai Layanan

Dari sisi kesejahteraan, imbuhnya, indikator kesejahteraan masyarakat juga meningkat signifikan. 

Tingkat pengangguran turun menjadi 4,8 persen di tahun 2024 dan tingkat kemiskinan turun tajam menjadi 9,03 persen di tahun 2024. 

BACA JUGA:10 Tahun Pemerintahan Jokowi, Kementerian Kominfo Dorong Transformasi Digital Lewat Penyediaan Platform INA Digital

Angka kemiskinan ekstrem juga turun signifikan menjadi 0,83 persen di tahun 2024.

“Selain itu, kita juga telah merasakan kemajuan pembangunan infrastruktur yang Indonesiasentris. Mulai dari jalan tol, jalan nasional, bendungan, irigasi, pelabuhan, bandara, pembangunan IKN Nusantara, dan masih banyak yang lainnya,” imbuhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: