Generasi Micin Wajib Tahu Manfaat MSG, Jadi Alternatif Diet Rendah Garam

Generasi Micin Wajib Tahu Manfaat MSG, Jadi Alternatif Diet Rendah Garam

Ilustrasi masakan menggunakan MSG--Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID – Generasi micin menjadi istilah bagi generasi kekinian yang gemar mengonsumsi makanan asin.

Saat ini masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa Monosodium Glutamat (MSG) atau micin, dapat menyebabkan efek negatif pada kesehatan seperti pemicu terjadinya kelebihan berat badan (obesitas), kanker, hingga disebut sebagai penyebab kebodohan.

BACA JUGA:Ajinomoto Genap 55 Tahun, Ini Peran MSG dalam Strategi Diet Rendah Garam

 Padahal, Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM) menyatakan bahwa MSG sebagai bahan tambahan pangan (BTP) kategori penguat rasa telah diizinkan penggunaannya di Indonesia dan diatur melalui PERMENKES No. 033 Tahun 2012.

Selain itu, lembaga skala internasional yang mengkaji resiko penggunaan BTP seperti JECFA (Joint Expert Committee on Food Additive) juga menyatakan bahwa penggunaan MSG termasuk dalam kategori ADI (acceptable daily intake) atau asupan harian yang dapat diterima) sebagai not specified, yang berarti penggunaannya tidak dibatasi atau boleh dikonsumsi secukupnya.

BACA JUGA:Gelar Belajaraya 2023, Jaringan SMSG Dorong Kolaborasi Lintas Sektor Bagi Transformasi Pendidikan

Lalu, apakah benar anggapan negatif soal MSG yang beredar di masyarakat? Untuk memberikan fakta dan informasi yang benar terkait MSG, Asosiasi Persatuan Pabrik Monosodium Glutamat & Asam Glutamat (P2MI), yang terdiri atas PT Ajinomoto Indonesia, PT Ajinex International, PT Sasa Inti,dan PT Daesang Ingredients Indonesia, telah mengadakan edukasi berbentuk talkshow dan cooking class interaktif yang dibawakan oleh ahli gizi klinik dr. Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K & Chef Jordhi Aldyan.

Menurut dr. Yohan Samudra, MSG dengan penggunaan secukupnya sangat aman dikonsumsi, bahkan sebenarnya penggunaan MSG dalam makanan memiliki beberapa manfaat seperti membantu meningkatkan nafsu makan sehingga asupan gizi seimbang bisa lebih terpenuhi, selain itu juga sebagai strategi diet rendah garam.

BACA JUGA:Puan Maharani Pakai Kebaya Emas Rancangan Desainer Didiet Maulana Saat Pimpin Sidang Tahunan MPR 2024

“Kandungan MSG itu terdiri atas 78% glutamat, 12% natrium, dan 10% air, kadar natrium (garam) yang terdapat dalam MSG itu hanya 1/3 dari kadar natrium garam dapur biasa, sehingga pada masakan, yang diberi sedikit MSG, kita dapat mengurangi asupan natrium (garam), namun cita rasa makanan hasil masakan kita tetap terjaga kelezatannya,” ungkap dr. Yohan.

“Kelebihan asupan garam dapat berpotensi meningkatkan resiko hipertensi, Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hipertensi adalah faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan stroke,” katanya.

Maka karena itu, penting bagi kita untuk selalu bisa mengontrol asupan garam harian.

BACA JUGA:Kunci Sukses Diet Ala dr Reisa Broto Asmoro: Konsultasi ke Ahli Dulu

Hal yang paling mudah yang bisa kita lakukan memang hanya mencegah, yaitu dengan mengurangi penggunaan garam dalam makanan harian yang kita konsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: