Ajinomoto Genap 55 Tahun, Ini Peran MSG dalam Strategi Diet Rendah Garam

Ajinomoto Genap 55 Tahun, Ini Peran MSG dalam Strategi Diet Rendah Garam

Pentingnya diet rendah garam terutama untuk lansia--Ajinomoto

JAKARTA, DISWAY.ID – Masyarakat mengenal MSG salah satunya dengan hadirnya Ajinomoto yang kini sudah berusia 55 tahun di Indonesia sejak 1969.

Berawal dari penelitian yang dilakukan oleh Dr Kikunae Ikeda di Jepang lebih dari seabad silam dengan mengekstrak kombu (rumput laut).

Dalam penelitian tersebut, Ikeda menemukan rasa lain selain rasa manis, pahit, asam dan asin, yaitu rasa umami.

Umami berasal dari Asam Glutamat (sejenis Asam Amino) memiliki fungsi salah satunya dalam menjalankan proses metabolisme seperti pembentukan protein dalam tubuh.

BACA JUGA:Amankah Beri MPASI Anak Gula dan Garam? Ini Penjelasan Ahli

Grup Ajinomoto telah meneliti dan menerapkan fungsi asam amino selama lebih dari 100 tahun melalui pendekatan ilmiah yang disebut sebagai “AminoScience”.

“Menciptakan bumbu yang enak dengan harga terjangkau dan mengubah makanan sederhana namun bergizi menjadi makanan lezat”- ini merupakan cita-cita Dr Ikeda yang menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia,” kata Naoto Minemura, Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu! Ini Manfaat Daun Sirih dan Garam Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Anak Indonesia membutuhkan gizi yang lengkap dan seimbang untuk tumbuh kembang mental serta fisik. Sehingga Indonesia dapat tumbuh menjadi bangsa yang kuat.

School Lunch Program (SLP) menjadi salah satu inisiasi Ajinomoto dalam memperbaiki asupan gizi untuk mencegah masalah malnutrisi pada anak usia sekolah.

“Kami berkolaborasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), dan menjalankan program SLP yang kami laksanakan di beberapa pesantren. SLP sudah dijalankan sejak tahun 2018. Melalui program tersebut, didapatkan hasil yang positif dengan adanya penurunan angka anemia santri sebesar 20%, peningkatan asupan gizi 20%, peningkatan pengetahuan gizi sebesar 50%. Tidak berhenti disana, kami juga bekerja sama dengan Dept Gizi Masyarakat IPB dan Kementerian Agama RI untuk menghadirkan buku panduan SLP yang berisikan edukasi gizi, tips pelaksanaan program, dan berbagai aplikasi menu lezat bergizi seimbang, yang mudah diterapkan untuk bekal menjalankan lanjutan program ke depan,” ujarnya.

BACA JUGA:5 Manfaat Kumur Air Garam untuk Kesehatan Gigi dan Mulut, Sariawan Auto Sembuh!

Diet Rendah Garam

Dalam Elderly Program, dimulai dengan dilakukannya penelitian untuk mengetahui apakah pemberian program makanan dengan gizi seimbang, tinggi protein, tetapi rendah garam, gula dan lemak namun lezat, dapat memperbaiki status gizi pada lansia yang berujung pada peningkatan kualitas hidup mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: