Begini Beda PCR pada Mpox dan Covid-19

Begini Beda PCR pada Mpox dan Covid-19

Seperti Covid-19 yang merebak beberapa waktu lalu, pengujian suspek mpox juga dilakukan dengan metode PCR.-tangkapan layar X@OMS_EcuatorialG-

JAKARTA, DISWAY.ID - Seperti Covid-19 yang merebak beberapa waktu lalu, pengujian suspek mpox juga dilakukan dengan metode PCR.

Metode PCR sendiri dapat digunakan secara luas untuk mendiagnosis berbagai infeksi virus dan bakteri karena kemampuannya mendeteksi materi genetik patogen dengan tingkat sensitivitas dan spesifisitas yang tinggi.

"Metode ini adalah standar emas untuk deteksi dini banyak penyakit, memungkinkan intervensi cepat, dan pengelolaan yang lebih efektif dari infeksi tersebut," terang peneliti Pusat Riset Biomedis Organisasi Riset Kesehatan BRIN Dr drh Khariri, M.Biomed kepada Disway.Id pada Senin 2 September 2024.

BACA JUGA:Tanggal 16 September Libur Apa? Cek Informasinya Lengkap Hari Besar Nasional dan Internasional

BACA JUGA:Datang Ke TKN Pemilih Muda Prabowo-Gibran, Ridwan Kamil Disambut Dengan Petasan Hingga Palang Pintu

Keakuratan metode ini dinilai memiliki sensitivitas dan spesifisitas yang sangat tinggi dalam mendeteksi adanya virus mpox pada tubuh seseorang.

Sensitivitas merupakan kemampuan tes untuk mendeteksi virus jika benar-benar terdapat dalam sampel, sedangkan spesifisitas adalah kemampuan tes untuk memastikan bahwa hasil pemeriksaan yang positif benar-benar disebabkan oleh virus mpox dan bukan oleh virus atau agen lain.

Dalam hal ini, metode PCR untuk mpox akan mengidentifikasi urutan genetik spesifik dari virus mpox, sehingga spesifisitasnya juga sangat tinggi.

BACA JUGA:Mbappe Bandingkan Gol Perdananya Bersama Real Madrid dengan Cristiano Ronaldo di LaLiga

BACA JUGA:Dokter Richard Lee Klarifikasi Soal Produk Skincare yang Dilaporkan ke Bareskrim Karena Dugaan Berbahaya

"PCR untuk mpox dapat mendeteksi virus bahkan dalam jumlah yang sangat kecil, sehingga sensitivitasnya sangat tinggi," tuturnya.

Ari menjelaskan, prinsip dasar metode PCR untuk mendeteksi materi genetik Covid-19 dan mpox sama, tapi terdapat perbedaan dalam cara kerjanya.

Sedangkan SARS-CoV-2 merupakan virus RNA yang melalui metode RT-PCR (Reverse Transcription PCR) dalam pengujiannya, meliputi dua langkah utama.

BACA JUGA:Profil Tika Kartika, Wanita yang Dilamar Kekasih di Stadion Ternyata Punya Suami dan Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: