Jaksa Terdakwa

Jaksa Terdakwa

Beragam ekspresi Donald Trump dan Kamala Harris saat debat Pilpres AS 2024.-The Australian-The Australian

Saya dalam perjalanan ke Bali saat debat capres Amerika ini berlangsung. Rabu kemarin. Pukul 09.00 WIB.

Sebenarnya saya ingin terbang dengan pesawat paling sore. Sudah lama memastikan ingin melihat debat itu secara live. Tapi tidak ada tempat duduk tersisa. Semua penerbangan ke Bali terisi penuh. Kecuali di Garuda jam 09.20 –itu pun dapat nomor kursi yang dihindari: 44.

Sebenarnya ada satu kursi yang sedikit lebih depan: nomor 30. Tapi orang berumur di atas 65 tahun tidak boleh duduk di situ. Kursi nomor itu di dekat pintu darurat. Umur di atas 65 diragukan kekuatannya untuk membukanya di saat diperlukan.

Tiba di Bali terlalu pagi untuk bisa check-in di hotel. Saya pun luntang-lantung.

Saya sengaja tidak mengontak siapa pun di Bali. Jangan ganggu mereka.

Saya ingin mencoba merasakan gaya hidup rebahan. Rebahan di mana. Belum dapat kamar.

Maka saya punya waktu untuk menonton rekaman debat tersebut. Hampir selama dua jam.

Siapa yang menang? Donald Trump? Kamala Harris?

Rasanya draw. Skor 5-5.

Trump memang agresif, tapi Kamala tidak kalah dalam menyerang.

Intonasi kata-kata Trump sangat bagus. Kamala tidak kalah bagus.

Ketika Trump memotong moderator, Kamala memotong pembicaraan Trump.

Di awal acara, di waktu yang sama keduanya muncul di panggung. Trump dari sisi kiri, Kamala dari sisi kanan.

Kamala muncul dengan wajah tersenyum, Trump dengan wajah serius.

Sampai di atas panggung keduanya seperti canggung sejenak: apakah harus bersalaman.

Kamala akhirnya berjalan lebih cepat ke arah Trump. Sampai melewati ''garis'' tengah. Sampai hampir di belakang podium Trump.

Kamala terlihat lebih dulu berinisiatif mengulurkan tangan ke Trump. Sambil tersenyum. Lalu mengucapkan kalimat ''Mari kita berdebat dengan baik''.

Kamala seperti menempatkan diri lebih tinggi. Tidak gentar pada keberingasan Trump.

Trump mengenakan jas biru tua dengan baju dalam warna putih. Dasinya warna merah. Di dadanya tersemat pin bendera Amerika.

Kamala mengenakan blazer hitam, dalaman bow blouse warna putih dan celana panjang warna hitam.

Di telinganyi terlihat anggun giwang mutiara. Di bagian dada juga tersemat pin bendera Amerika Serikat.

Trump selalu berwajah serius di sepanjang 1,5 jam. Kadang sampai merenggut. Sampai mencureng.

Kamala hampir selalu tersenyum, pun ketika lagi disangrai oleh Trump.

Moderatornya, dua orang, anchor TV ABC, terlihat sangat lugas. Sekali moderator memojokkan Kamala, tiga kali memojokkan Trump.

Kamala dipojokkan dengan pertanyaan soal aborsi. Bukan soal esensinya tapi lebih ke konsistensi sikapnyi: mengapa berubah-ubah pendapat. Yakni di umur bayi berapa minggu setuju aborsi dilakulan. Dia pernah dikutip mengatakan pun ketika umur bayi dalam kandungan sudah sembilan bulan. Di sini Kamala digoreng oleh Trump.

Begitu juga sebaliknya. Ketika Trump dipojokkan moderator Kamala di atas angin. Misalnya bagaimana teknis memulangkan tujuh juta lebih imigran gelap.

Lalu soal peristiwa pendudukan gedung parlemen tanggal 6 Januari 2020. Trump dihabisi. Tapi bukan Trump kalau tidak menyerang balik. Yang diserang Nancy Pelosi, ketua DPR kala itu. Bukan Kamala tapi separtai dengan Kamala.

Pun ketika moderator bertanya apakah Trump tetap bersikap sebagai pemenang sebenarnya di Pilpres 2020.

Trump juga menghindar menjawab langsung pertanyaan moderator: "apakah ada yang Anda sesali dari peristiwa 6 Januari?".

Ia pilih jawaban yang muter-muter. Lalu moderator menyela: pertanyaan kami simple, "Apakah ada yang Anda sesali dari peristiwa 6 Januari".

Trump tetap muter.

Pun soal hasil Pilpres 2020. Ia kembali muter-muter. Sampai akhirnya moderator mengulang inti pertanyaan: apakah ia mengaku kalah.

Trump tetap muter-muter. Intinya: Trump tetap bersikukuh ia yang memenangi Pilpres empat tahun lalu.

Trump kembali mendasarkan pendapatnya pada hasil perolehan suaranya: lebih besar dari Pilpres 2016. Bagaimana bisa dinyatakan kalah.

Trump hanya sekali menjawab dengan jawaban pendek. Yakni atas pertanyaan soal bagaimana pendapatnya bahwa Kamala adalah capres kulit hitam.

"I do not care about it," katanya. Trump terlihat menghindari topik yang berbau rasial. Ia takut suara ras kulit hitam memihak Kamala.

Kamala dapat angin segar. Dia pojokkan Trump dengan fakta bahwa ia pernah membangun apartemen dengan ketentuan orang kulit hitam tidak boleh membeli.

Debat ini terlalu serius. Tidak ada selingan humornya sama sekali.

Seserius Prabowo Subianto masih bisa berjoget gemoy. Juga melahirkan istilah omon-omon. Pun celetukan viral "Mas Aniiiiiies....Mas Anies".

Ketika Trump menyerang Presiden Joe Biden berkepanjangan sebenarnya Kamala bisa menanggapinya dengan humor saja. Misalnya: "Yang you hadapi ini Kamala. Bukan Biden". Tapi Kamala pilih jawaban serius.

"Dia lebih buruk daripada Biden," ujar Trump.

"Ia tidak memenuhi syarat jadi presiden," ujar Kamala.

Ketika Kamala menyebut banyak pejabat penting di masa Trump kini mendukung dirinyi, Trump dengan enteng meremehkan mereka.

"Mereka adalah orang-orang yang saya pecat," ujar Trump. Itulah pemimpin yang tegas. Kalau kurang baik harus dipecat. "Jangan seperti Biden. Inflasi sampai gila-gilaan tidak ada yang dipecat," katanya.

Begitu sering Trump menyerang Biden, akhirnya Kamala bilang: "Saya bukan Biden. Saya juga bukan Trump. Saya adalah tipe pemimpin baru Amerika yang diperlukan saat ini dan masa depan."

Kayaknya tidak ada yang menang dari debat ini. Setidaknya Kamala –tidak seperti Biden– bisa mengimbangi Trump yang sangat brutal. Kamala menggigit balik setiap digigit. Bahkan kadang dia yang menggigit lebih dulu.

Kadang Kamala seperti menempatkan diri sebagai seorang jaksa di pengadilan, dengan Trump sebagai terdakwanya –terdakwa yang ngotot tidak bersalah dan terdakwa yang menyalah-nyalahkan jaksa sekaligus hakimnya.(Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Disway Edisi 11 September 2024Machmud Algae

Achmad Faisol

"Akhirnya saya bisa menyelesaikan semuanya. Saya cicil. Selama 12 tahun lunas," ujar sang ayah. integritas sang ayah membawa berkah bagi sang anak... kalau sang bapak neko-neko, sang anak 'kan kena getahnya... bahkan saat sang bapak masih hidup, kelakuan jelek sang anak akan diumbar dan dipertontonkan ke publik... ngunduh wohing pakarti...

Alon Masz Eh

Kalau kuliah dipakein kaos "jangan digoda, ga ada duitnya. Dipegang istri semua". Salim dulu bli

Udin Salemo

sambil menunggu pak penghulu/ nonton tv acara komedian/ jadilah kaya raya dahulu/ naik pesawat jet pribadi kemudian/ #mantun_jet pribadi

Jimmy Marta

Orang sibuk itu berhitung dg waktu. Orang kaya berhitung uang. Orang soleh berhitung amal. Orang baik gk hitung2 an..

Lagarenze 1301

Pak Dis sepertinya sedang kepikiran pesawat pribadi. Mungkin mau beli. Atau, sedang menunggu, siapa temannya yang ngajak lagi naik pesawat pribadi. Yang ini penutup tulisan kemarin: "Kalau mau, ia bisa kaya raya, punya saham di mana-mana, bisa jadi pejabat tinggi negara dan bisa naik pesawat pribadi ke mana-mana." Nah, yang ini penutup tulisan hari ini: "Pesan saya: jangan buru-buru tergoda politik dan apalagi mikir naik pesawat pribadi."

Rihlatul Ulfa

Saat seseorang meluapkan amarahnya, itu adalah kesabaran terakhir yang ia punya, ia bukan marah pada hal itu sebenarnya, mungkin itu tidaklah seberapa, tapi penumpukan masalah sebelumnya yang ia coba tampung tidak lagi bisa membuatnya tahan.

Leong Putu

12 tahun yang lalu? Hmmmm..... Kalau saya 12 tahun mendatang punya apa? Sedang apa? Sudah pensiun, pasti. KPR lunas, tentu. Ngemong cucu dan antar cucu sekolah. Cucu pertama minim usianya sudah 5 tahun, cucu ke 2 paling tidak 2 tahunan. Dua hari yang lalu kami baru saja omong-omong, jika dah pensiun kelak kami akan traveling ke luar negeri setahun sekali. Berdua. Ya hanya berdua. Gak mungkin saya traveling sendiri, mustahil saya meninggalkan belahan jiwa di rumah, sementara saya happy-happy sendiri. Sebab saya cinta dia, gak sanggup berpisah. Gak kayak pak Bos. Wkwkwk.... Pasti pak Bos kalau mau pergi-pergi, yang diceritakan ke galuh Banjar di sana nanti jalannya jauh-jauh dan menajak. Naik turun tanga dll. Yo kalau gitu pasti galuh Banjar ndak mau ikut. Lha wong diwedeni koyok ngunu...

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

@Nurkholis Mawanto.. 1). Sukoharjo memang bukan Solo. 2). Maksud Abah, Sukoharjo itu termasuk: "Solo Raya". ### Solo Raya itu mungkin: Solo - Sukoharjo - Boyolali - Klaten - Wonogiri.. (SOSUBOKLAWO)..

Liáng - βιολί ζήτα

Is it safe to fly during pregnancy? Answer From Mary Marnach, M.D. Umumnya, perjalanan udara sebelum usia kehamilan 36 minggu dianggap aman bagi orang yang tidak mengalami masalah kehamilan apa pun. Jika Anda memiliki komplikasi kehamilan tertentu yang dapat bertambah parah karena perjalanan udara atau yang memerlukan perawatan darurat. Contohnya termasuk riwayat keguguran atau pendarahan vagina, anemia berat, dan tekanan darah tinggi atau diabetes yang tidak terkontrol dengan baik. Jika Anda mengalami preeklamsia selama kehamilan sebelumnya - suatu kondisi yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan protein ekstra dalam urin - terbang mungkin tidak disarankan. Hal yang sama berlaku jika Anda hamil anak kembar atau kelipatan lainnya.

Jokosp Sp

Loh yang baik itu bisa buruk. Tapi yang buruk bisa juga jadi baik. Ketika dulu Jepang memproduksi Unit Dump Truck Komatsu HD785-3 maupun HD785-5 apapun solar yang disediakan akan dilumat dan jadi tenaga yang mumpuni untuk hauling coal maupun overburden (OB). Tiba-tiba muncul seri baru HD785-7 yang sudah dilakukan inovasi di injectornya dengan menggunakan Common Rail Injector (CRI). Yang diharapkan dari inovasi tersebut penggunaan bahan bakarnya lebih sempurna dan berujung ke performance unit yang lebih oke dan lebih irit. Ternyata Indonesia memutuskan untuk menggunaan Bio Solar 5-10% dari Solar Industri yang dikonsumsi. Pemeriintah saat Itu tanpa pengujian apapun. Dan mau tidak mau kita sebagai konsumen harus melakukan inovasi sendiri dengan Bio Solar tersebut. Ternyata Bio Solar yang bahan bakunya dari Kelapa Sawit tersebut mempunyai sifat absorb (menyerap) air bebas, yang berdampak dalam dasar tangki BBM muncul Air dan tumbuh sejenis Algae (alga) atau jenis ganggang. Alga tersebut ternyata menyumbat lubang injector dan menutupi sensor injector yang berakibat mesin error. Inovasi kami lakukan dengan penambahan filter water sparator dan sistem proses pemisahan air dari solar tersebut di Main Tank, Tank Storage, maupun di tangki-tangki unit. Dibuat sistem flashing otomatis saat unit masuk periodic service. Gara-gara alga itulah bisa ikut konvensi di Astra juara 1, disusul tingkat nasional di Bandung juara 1, akhirnya ikut konvensi internasional di Singapura dpt medali emas.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

@Gregorius Indarto.. 1). Tergoda, jangan.. 2). Kalau menggoda, terserah.. ### Sapa tau bisa merangkap: Pengusaha - Penguasa..

Gregorius Indiarto

"Pesan Saya: Jangan buru buru tergoda politik dan,...." Si Saya ini sudah punya pengalaman, pengalaman tergoda politik. Meski baru tergoda, belum sampai terjerumus (mbanget), rasanya sudah sakit, sakit nya sampai 7 i. Jadi, hati hati yabdek ya?!

Johannes Kitono

Mahmud Wiraswastawan.. Inilah tipikal keluarga wiraswasta sejati. Ayahnya terkena investasi bodong tapi konsisten kembalikan uang nasabah. Era itu lagi trend investasi kebun lengkeng, budidaya bebek dan pohon gaharu. Tidak kelihatan kebonnya tapi ROI nya menggiurkan. Pasti lebih tinggi dari bunga deposito bank..Ternyata semuanya bodong. Mahmud bisa aplikasinya ilmu yang diperoleh di bangku kuliah.Melakukan aklimitasi plankton air payau ke air tawar. Tentu membutuhkan kesabaran dan hasilnya Neo Algae. Makanan manusia yang tinggi kandungan fibrenya. Algae di kolam memerlukan DO atau oksigen terlarut dan sinar matahari. Itu fungsi kincir air yang membuat air kolam tetap aerobik. Pemilik kolam algae harus memantau kecerahan warna air dengan sechi disk. Kalau tidak tembus pandang 30 cm. Itu terlalu padat atau plankton booming. Harus tambah sirkulasi air supaya algaenya tidak mati. Selamat untuk wiraswasta Mahmud. Berhasil kombinasikan ilmu di bangku kuliah dan jiwa wiraswasta. Semoga Semuanya Hidup Berbahagia.

Afa

Mencoba jawab MZ di komen tadi pagi. Rumput laut termasuk kelompok macroalgae. Sedangkan cerita hari ini adalah microalgae. Diperkirakan terdapat 200rb - 800rb spesies mikroalga. Alga yang ber-sel tunggal. Kecil sekali. Tidak kasat mata. Di dasar laut bersama bakteri disebut fitoplankton. Menjadi makanan ikan kecil. Ikan-ikan kecil kemudian dimakan ikan besar. Di bawah mikroskop, jenis alga yang dipopulerkan MLM berbentuk spiral seperti per. Maka terkenal dengan nama spirulina. Dulunya spirulina banyak di danau texcoco mexico city. Dibuat kue warna hijau, Dihe. Juga ada di danau Chad Afrika. Daerah tropis. Diketahuilah habitat yang kondusif harus banyak sinar dan panas. Suhu 35° C - 39° C. Ketinggian sekitar 2.000 M. Belakangan karena dianggap super food, maka dibudidayakan di kolam balap (Raceway Pond). Kolam renang yang permukaan airnya disapu dengan kisi-kisi persegi panjang berongga yang beroda. Sehingga air mengalir terus menerus di sekitar lintasan yang seperti sirkuit balap mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 43

  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
  • alasroban
    alasroban
    • alasroban
      alasroban
  • sutarno dwijo
    sutarno dwijo
  • Kalender Lengkap
    Kalender Lengkap
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • Ulil Abshor
    Ulil Abshor
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
    • Leong Putu
      Leong Putu