Keunggulan dan Kekurangan Susu Ikan Dibanding Susu Sapi, Ini Penjelasan Ahli Gizi

Keunggulan dan Kekurangan Susu Ikan Dibanding Susu Sapi, Ini Penjelasan Ahli Gizi

Pembicaraan mengenai susu ikan semakin ramai usai muncul usulan-usulan untuk menggunakannya sebagai alternatif pengganti susu sapi pada program makanan bergizi gratis yang akan dimulai pada tahun mendatang.-freepik-freepik.com

"Beberapa susu ikan yang saya perhatikan itu sajiannya tentu termasuk pengolahan terlebih karena tetap pasti yang terbaik adalah dari ikan alami," tandasnya.

Kemudian, menyoroti kandungan gula tambahan yang biasanya diberikan pada susu ikan.

BACA JUGA:Cerita Guru Besar UI Pernah Alami Bullying saat Pendidikan Dokter Spesialis, Dikerjain Senior

BACA JUGA:Proyek Jembatan Sasak Rembaga Bikin Jalan Hos Cokroaminoto Ciledug Macet Parah!

"Biasanya ada kandungan tambahan gula yang harus kita perhatikan juga, maupun kandungan maltodekstrin yang indeks glikemiknya cukup tinggi," tuturnya.

Kandungan gula tambahan dan maltodekstrin yang tidak terkontrol dapat berdampak kurang baik, terutama untuk anak-anak. Terlebih jika dikonsumsi secara rutin.

Putri menegaskan bahwa konsumsi makanan yang terbaik adalah makanan asli (real food) yang tidak terlalu banyak melalui proses pengolahan.

"Yang terbaik tentu saja adalah mengonsumsi daging ikan secara langsung karena bagaimanapun juga makanan alami itu tetap lebih baik dibandingkan pengolahan," tegasnya.

Pasalnya, semua bentuk olahan dapat membuat nutrisi suatu makanan menurun dibanding ketika masih alami. Sehingga, ia menyarankan untuk tetap mengonsumsi ikan alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: