Kemenhub Adakan Bimtek Teknik Pengereman kepada 20 Peserta dari Swasta dan BUMN Se-Jabodetabek

Kemenhub Adakan Bimtek Teknik Pengereman kepada 20 Peserta dari Swasta dan BUMN Se-Jabodetabek

Kemenhub Adakan Bimtek Teknik Pengereman kepada 20 Peserta dari Swasta dan BUMN Se-Jabodetabek-Dok. Humas BPTJ Kemenhub-

BACA JUGA:Kemenhub Luncurkan SRS, Tingkatkan Koordinasi dan Efektivitas Pelayaran di Indonesia

Untuk materi teori mencakup pemeriksaan dan perawatan rutin kendaraan, kajian sistem rem, teori sistem pengereman, hingga prosedur pengereman yang benar. 

Kemudian pada hari kedua, peserta diberi kesempatan untuk langsung mempraktekkan keterampilan mengemudikan bus bertransmisi manual, melakukan inspeksi kendaraan. 

Lalu diajarkan untuk menerapkan teknik pengereman yang aman, terutama di kontur jalan menurun serta peningkatan kewaspadaan terhadap area blind spot pada bus. 

Salah satu pengemudi PT Transportasi Jakarta, Parulian Simanjunyak mengungkapkan bahwa dirinya sangat terbantu dengan pengetahuan baru yang didapatkannya, terutama terkait tahapan pengereman menggunakan engine brake, exhaust brake, dan service brake. 

Sementara seorang pengemudi BISKITA Trans Bekasi Patriot, Baniwan Laoa juga menyatakan materi yang disampaikan kali ini lebih mendalam dan berbeda dari pelatihan yang pernah ia ikuti sebelumnya. 

"Saya yakin dengan ilmu yang didapatkan dari bimtek ini akan semakin meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang", ujar Baniwan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: