Integrasi Tol Laut Dongkrak Efisiensi Distribusi Barang, Kemendag: Program SIGM Bangun Depo di Daerah

Integrasi Tol Laut Dongkrak Efisiensi Distribusi Barang, Kemendag: Program SIGM Bangun Depo di Daerah

Pemerintah terus menggalakan transportasi laut melalui program Tol Laut melalui program Sinergi Gerai Maritim atau SIGM.-Pelni-

Salah satu target utama peluncuran Tol Laut adalah untuk mengatasi ketimpangan harga di berbagai wilayah Indonesia. 

Efek positif penurunan disparitas harga ini terasa lebih signifikan di wilayah Timur Indonesia, yang selama ini menghadapi tantangan logistik lebih besar dibandingkan dengan wilayah lainnya.

Sejauh ini perkembangan Tol Laut berdasarkan koefisien variasi sebagai indikator disparitas harga antarwilayah dan antarwaktu menunjukkan penurunan yang signifikan. 

BACA JUGA:Inspeksi Langsung Dirut PGN, Pemanfaatan Jargas Rumah Tangga di Sleman Dipastikan Lancar

BACA JUGA:PNM Bersama Jurnalis Tinjau Potret Kemiskinan Ekstrem di Banyuwangi

“Pada tahun 2015, koefisien variasinya tercatat 14,2 persen, sedangkan pada tahun 2024 turun menjadi 10,25 persen,” tambahnya.

Dalam 10 tahun terakhir, program Tol Laut ini membuktikan bahwa inisiatif pemerintah untuk menciptakan pemerataan ekonomi dapat terwujud dengan komitmen bersama dari berbagai pihak. 

Pemerintah akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan agar program ini dapat memberikan manfaat maksimal bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Moga menambahkan, koordinasi lintas lembaga menjadi kunci utama keberhasilan program Tol Laut dalam menekan disparitas harga antarwilayah. 

Pemerintah mencatat bahwa sejak pengimplementasian program ini, rata-rata inflasi berada di bawah target sasaran. 

Berkurangnya disparitas harga ini menunjukkan keberhasilan koordinasi yang baik antar lembaga serta komitmen kuat pemerintah untuk mewujudkan keadilan ekonomi bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

BACA JUGA:Universitas Esa Unggul Terima Surat Keputusan Pembukaan Program Studi Sarjana Teknik Mesin dari LLDIKTI Wilayah III

BACA JUGA:Diikuti 7.000 Pelari, Garmin Run Indonesia 2024 Sukses Digelar di ICE BSD

Keberhasilan ini juga tidak lepas dari peran aktif berbagai pihak, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga para pelaku usaha yang memanfaatkan Tol Laut untuk pengiriman barang.

“Ini koordinasi antar lembaga, salah satunya pemda. Tergantung pemda mana, memilih produk mana untuk dipasarkan ke mana, baik domestik maupun internasional,” jelas Moga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: