Tol Laut Sukses Hubungkan Wilayah 3TP di Indonesia, Menhub Budi Karya Sebut Turunkan Harga Pokok hingga 30 Persen

Tol Laut Sukses Hubungkan Wilayah 3TP di Indonesia, Menhub Budi Karya Sebut Turunkan Harga Pokok hingga 30 Persen

Program Tol Laut berperan penting dalam menghubungkan wilayah-wilayah terluar, terdepan, tertinggal, dan perbatasan (3TP) dengan pusat-pusat ekonomi utama di Indonesia yang kebanyakan diwilayah barat-Dok. FMB 9-

JAKARTA, DISWAY.ID - Program Tol Laut berperan penting dalam menghubungkan wilayah-wilayah terluar, terdepan, tertinggal, dan perbatasan (3TP) dengan pusat-pusat ekonomi utama di Indonesia yang kebanyakan diwilayah barat. 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengungkapkan salah satu tujuan utama tol laut adalah mengurangi disparitas harga barang di berbagai wilayah, terutama di bagian Indonesia Timur.

BACA JUGA:Integrasi Tol Laut Dongkrak Efisiensi Distribusi Barang, Kemendag: Program SIGM Bangun Depo di Daerah

BACA JUGA:Kemenhub Adakan Bimtek Teknik Pengereman kepada 20 Peserta dari Swasta dan BUMN Se-Jabodetabek

"Dengan adanya tol laut, harga barang pokok dapat turun hingga 30 persen, terutama di wilayah 3TP. Ini sangat membantu dalam menurunkan inflasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Budi Karya dalam dialog di Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) secara daring pada Senin, 30 September 2024.

Adapun saat ini, Tol laut telah menghubungkan 115 pelabuhan di seluruh Indonesia dengan 39 trayek aktif, mempercepat distribusi barang ke berbagai daerah yang sebelumnya sulit dijangkau.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan bahwa tol laut menciptakan memerataan distribusi barang-barang di wilayah-wilayah yang sebelumnya terisolasi.

BACA JUGA:Hari Menara Suar ke-10, Kemenhub Sebut Peran Penting Dalam Sektor Pariwisata Berkelanjutan

BACA JUGA:Kemenhub Luncurkan SRS, Tingkatkan Koordinasi dan Efektivitas Pelayaran di Indonesia

Ia mencontohkan, dalam hal ini masyarakat di Papua dan Maluku yang dulu kesulitan mendapatkan barang kebutuhan pokok, kini bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih stabil dan terjangkau.

Dengan pencapaian yang telah diraih selama 10 tahun terakhir, program Tol Laut diharapkan akan terus diperluas dan ditingkatkan.

Kedepannya, pemerintah berencana untuk menambah trayek baru serta memperkuat integrasi logistik nasional melalui tol laut.

"Kamu menargetkan penambahwan trayek hingga 10-25 persen dalam beberapa tahun ke depan, terutama untuk wilayah-wilayah yang masih belum terjangkau secara optimal," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: