Hari Batik Nasional 2024, Begini Cara Bedakan Batik Tulis, Cap, dan Printing

Hari Batik Nasional 2024, Begini Cara Bedakan Batik Tulis, Cap, dan Printing

Cara membedakan batik tulis, cap, dan Printing--Pameran batik di Museum Batik Pekalongan, Disporapar Provinsi Jawa Tengah

JAKARTA, DISWAY.ID – Hari Batik Nasional 2024 setiap 2 Oktober, menjadi salah satu momen di mana kita wajib melestarikan dan mencintai wastra Nusantara salah satunya batik baik itu tulis ataupun cap.

Sebaiknya, jangan memilih batik printing karena batik pada dasarnya adalah sebuah proses sedangkan printing menggunakan mesin.

Pada 2 Oktober 2009 lalu, batik ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Hal itu menjadikan batik menjadi salah satu magnet daya tarik Indonesia di mata dunia. Batik adalah kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan menuliskan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu sehingga memiliki kekhasan.

Lalu bagaimana membedakan ketiganya, baik cap, tulis dan printing?

Dikutip dari akun resmi Pemerintah Surakarta, ada sejumlah cara membedakannya.

BACA JUGA:Hari Batik Nasional 2024, Ini Tips Merawat dan Melestarikan Kain Wastra Khas Indonesia

Berikut perbedaan batik tulis, cap, dan printing

1. Batik Tulis

Perhatikan warna dasar pada kain batik, batik tulis memiliki warna dasar kain yang lebih muda dibandingkan pada goresan motifnya.

Kedua, perhatikan tingkat kerapian motif batiknya, karena dikerjakan secara manual, motif batik tulis biasanya terlihat tidak simetris dan ukuran motifnya yang tidak sama.

Ciri yang ketiga, cek tintanya apakah tembus pandang atau tidak? Pada batik tulis, bagian depan dan belakang akan memiliki warna, corak dan motif yang sama persis dan juga tintanya terlihat tembus pandang.

BACA JUGA:Hari Batik Nasional 2024 Tanggal Berapa? Intip Tema dan Sejarahnya

Lalu yang keempat, cek aroma kainnya, ketiga jenis batik ini memiliki aroma yang berbeda, batik tulis memiliki aroma khas karena menggunakan pewarna alami. Dan yang terakhir adalah perbedaan harga, karena ketiga jenis batik ini memiliki kualitas yang berbeda, wajar saja jika harga ketiganya pun jauh berbeda.

Biasanya, batik tulis memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan batik cap dan printing.

Hal ini dikarenakan proses pembuatan batik tulis yang lebih rumit dan memakan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikan satu lembar kain batik saja.

BACA JUGA:Hari Batik Nasional Diperingati Pada Tanggal Berapa? Cek Kalendernya di Sini

2. Batik Cap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: