Fraksi Golkar Dorong Kahar Muzakir Jadi Pimpinan MPR RI Periode 2024-2029

Fraksi Golkar Dorong Kahar Muzakir Jadi Pimpinan MPR RI Periode 2024-2029

Kahar Muzakir -disway.id/anisha aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Waketum Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily mengatakan partainya menunjuk Kahar Muzakir untuk menjadi pimpinan MPR RI periode 2024-2029.

"Yang pasti saya nggak," kata Ace kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Oktober 2024. 

Ace Hasan menjelaskan calon pimpinan yang telah ditunjuk oleh Partai Golkar telah berpengalaman dalam pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD). 

BACA JUGA:Tok! Ini Dia Daftar Pimpinan Fraksi MPR RI Periode 2024-2029

BACA JUGA:Gerindra Tugaskan Ahmad Muzani Jadi Ketua MPR RI Periode 2024-2029

“Jelas bahwa pimpinan MPR adalah orang berpengalaman. Orang yang memiliki berpengalaman sebagai pimpinan AKD,” ujar Ace.

Diketahui, rencananya penetapan Ketua dan jajaran wakil Ketua MPR RI tersebut baru akan dilakukan pada, Rabu, 2 Oktober 2024.

Adapun susunan MPR RI diatur dalam Pasal 19 Peraturan MPR RI.

Pimpinan MPR berjumlah 10 orang, yang terdiri dari 1 orang ketua dan 9 orang wakil ketua yang dipilih dari dan oleh anggota MPR.

Kemudian, bakal calon Pimpinan MPR sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diusulkan oleh Fraksi dan/atau Kelompok DPD yang disampaikan dalam Sidang Paripurna. 

BACA JUGA:Jamaludin Malik Dirujak Netizen Gegara Pakai Kostum Ultraman di Sidang DPR/MPR/DPD RI: Kebelet Viral!

BACA JUGA:Tia Rahmania Batal Dilantik Jadi Anggota DPR Usai Semprot Wakil Ketua KPK di Lemhanas, Singgung Masalah Pelanggaran Etik!

Dari calon Pimpinan MPR yang diajukan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dipilih Ketua MPR secara musyawarah untuk mufakat dan ditetapkan dalam Sidang Paripurna MPR.

Sementara jika musyawarah untuk mufakat tidak tercapai, ketua MPR dipilih dengan pemungutan suara oleh anggota MPR dan yang memperoleh suara terbanyak ditetapkan sebagai Ketua MPR dalam Sidang Paripurna MPR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: