Buktikan! Pola Makan Bijak Garam Bantu Perpanjang Angka Harapan Hidup

Buktikan! Pola Makan Bijak Garam Bantu Perpanjang Angka Harapan Hidup

Kampanye bijak garam dapat memperpanjang harapan hidup--

Cara-cara yang bisa kita lakukan dalam keseharian adalah dengan lebih banyak konsumsi masakan rumahan dan membatasi makanan kemasan serta makanan cepat saji, karena dalam makanan kemasan terkadang luput kita sadari terkait hidden salt di dalamnya. 

BACA JUGA:Berapa Batasan Konsumsi Gula dan Garam Sehari untuk Cegah Obesitas? Ini Saran Ahli

Oleh karena itu, kita sebagai konsumen juga harus cermat dalam melihat label informasi nilai gizi di kemasan. Terkait dengan cara lain mengurangi asupan garam, dalam memasak menu harian kita juga bisa menggunakan penguat rasa seperti MSG, karena kandungan garam (natrium) dalam MSG hanya 1/3 dari kandungan natrium pada garam dapur biasa. 

 

"Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa dengan penambahan MSG pada masakan, dapat menurunkan asupan garam hingga lebih dari 30%, namun kelezatan masakan tetap terjaga,” lanjutnya.

Eurli Prameswari, Head of Sauce & Seasoning Department - PT Ajinomoto Indonesia mengatakan bahwa Grup Ajinomoto Indonesia giat mengkampanyekan konsep Bijak Garam sebagai salah satu inisiatif Ajinomoto Health Provider, dan bentuk kontribusi perusahaan guna mendorong terciptanya pola hidup sehat di masyarakat.

“Kampanye Bijak Garam Ajinomoto ini merupakan salah satu wujud edukasi masyarakat tentang pentingnya diet rendah garam. Penerapan Bijak Garam dalam aktivitas memasak harian juga sangat mudah, cukup dengan mengurangi sebagian penggunaan garam dan menggantinya dengan menambahkan MSG," jelasnya. 

BACA JUGA:Cara Mudah Cegah Diabetes, Berapa Sendok Sih Batasan Gula dan Garam Sehari?

Contoh Menu Bijak Garam

Contoh, dalam memasak menu sup ayam, dari yang biasanya kita menuangkan 2 sendok teh (sdt) garam ke dalam 1 liter kuah sup, cukup diubah menjadi 1 sdt garam + ½ sdt MSG, dengan tips itu, kita sudah menerapkan konsep Bijak Garam.

Memperingati Hari Jantung Sedunia, kami bekerjasama dengan Yayasan Jantung Indonesia turut berkontribusi dengan mendukung offline event yang berisikan berbagai aktivitas yang mendorong terciptanya pola hidup sehat seperti kegiatan Senam Jantung Sehat (SJS) bersama, pemeriksaan kesehatan, yang disediakan oleh panitia penyelenggara, serta ada juga edukasi konsep Bijak Garam, photo booth, penjualan paket produk, dan beragam aktivitas seru lainnya di booth Ajinomoto Indonesia. 

"Selain itu, Ajinomoto Indonesia juga melakukan inovasi produk yang menunjang masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Inovasi produk ini hadir melalui Brand Masako yang telah meluncurkan varian baru Masako Light dengan kandungan garam yang lebih sedikit*),” ungkap Eurli.

 

Selain offline event bersama Yayasan Jantung Indonesia, di hari yang sama (29 September 2024) masih dalam Peringatan Hari Jantung Sedunia, Ajinomoto Indonesia melalui Brand aminoVITAL™ berpartisipasi dalam Garmin Run Indonesia 2024, dan mendorong komunitas di Indonesia dalam menerapkan gaya hidup sehat dengan aktif berolahraga yang diseimbangkan dengan recovery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: