Lestarikan Fauna Endemik, WIKA Resmikan Revitalisasi Pusat Konservasi Beruang Madu

Lestarikan Fauna Endemik, WIKA Resmikan Revitalisasi Pusat Konservasi Beruang Madu

PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WIKA Gedung atau WEGE) bersama KPHL Balikpapan telah melaksanakan serah terima dan meresmikan proyek revitalisasi Taman Bermain Pusat Konservasi Beruang Madu di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) Balikp--WIKA

BALIKPAPAN, DISWAY.ID – PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WIKA Gedung atau WEGE) bersama KPHL Balikpapan telah melaksanakan serah terima dan meresmikan proyek revitalisasi Taman Bermain Pusat Konservasi Beruang Madu di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) Balikpapan, Kalimantan Timur.

Proyek ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) WIKA Gedung yang fokus pada keberlanjutan lingkungan dan pelestarian fauna endemik Indonesia.

Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Balikpapan, Zulfikar mengungkapkan bahwasanya pihaknya berterima kasih kepada WIKA Gedung atas kontribusi nyata dalam mendukung pelestarian lingkungan di KWPLH Balikpapan. 

BACA JUGA:WIKA KSO Tuntaskan Pembangunan Istana Negara IKN Tepat Waktu

"Program ini merupakan bukti sinergi antara para pemangku kepentingan dalam mendukung flora dan fauna endemik di Kalimantan," kata Zulfikar dikutip Senin 14 Oktober 2024.

"Kami berharap inisiatif ini dapat menjadi contoh bagi pihak lain dalam menjaga keanekaragaman hayati dan mencapai SDG," tambahnya.

BACA JUGA:Efisiensi Tol Serang-Panimbang Dibeberkan WIKA: BBM Irit 30 Persen

Sementara itu, Direktur Human Capital & Manajemen Risiko WIKA Gedung Hartanto Karti Raharjo menyampaikan bahwa revitalisasi ini adalah langkah signifikan dalam pelestarian spesies yang terancam punah, seperti beruang madu, yang juga menjadi maskot Kota Balikpapan. 

"Revitalisasi ini adalah wujud nyata komitmen kami untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan konservasi hewan endemik, termasuk Beruang Madu yang rentan dan memerlukan perlindungan," jelas Hartanto.

BACA JUGA:Tak Hanya Salurkan Beasiswa, WIKA dan BUMN Karya Bangun Infrastruktur Pendidikan di IKN

Untuk mendukung keberlangsungan KWPLH Beruang Madu, WIKA Gedung juga memberikan kontribusi tambahan berupa penyerahan 40 tangkai Anggrek Hitam, flora endemik Kalimantan.

Serta melakukan penanaman tanaman buah Lahung dan Kerantungan, yang juga merupakan tumbuhan endemik Kalimantan. 

Kedua tanaman ini berfungsi sebagai sumber pakan alami bagi Beruang Madu di kawasan konservasi.

Lebih lanjut, Plt. Komisaris Utama WEGE, Joseph Prajogo menambahkan bahwa proyek ini sejalan dengan nilai-nilai Environmental, Social, and Governance (ESG) yang diterapkan perusahaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: