Optimalkan Sinergi dengan Baznas, Rakornas LAZ 2024 Hasilkan 11 Resolusi

Optimalkan Sinergi dengan Baznas, Rakornas LAZ 2024 Hasilkan 11 Resolusi

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI telah menggelar menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Indonesia yang berlangsung dari 15-16 Oktober 2024, di Jakarta-Dok. Baznas-

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI telah menggelar menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Indonesia yang berlangsung dari 15-16 Oktober 2024, di Jakarta.

Dalam Rakornas itu LAZ Se-Indonesia menghasilkan 11 resolusi tentang tata kelola zakat.

BACA JUGA:Baznas Gelar Rakornas LAZ 2024, Dibuka Langsung Menag Yaqut Cholil Qoumas

BACA JUGA:Plaza Indonesia Dukung Bulan Kesadaran Kanker Payudara Lewat Kuliner, SADARI, dan SADANIS

Resolusi tersebut dibacakan oleh Deputi 2 Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Dr. H.M. Imdadun Rahmat, M.Si, di hadapan 167 perwakilan LAZ dari seluruh Indonesia.

Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA., Wakil Ketua Baznas RI Mokhamad Mahdum, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2013-2015, Dr. Hamdan Zoelva, SH., MH., Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI Prof. Dr. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag, serta jajaran Pimpinan Baznas RI.

KH. Noor Achmad dalam sambutannya pada penutupan Rakornas LAZ 2024, menyampaikan apresiasinya terhadap hasil Rakornas LAZ yang dinilai sangat produktif dan visioner. 

"Resolusi Rakornas yang telah kita sepakati ini akan menjadi landasan bagi kolaborasi yang lebih erat antara Baznas dan LAZ dalam mengelola zakat. Insya Allah, ke depannya, antara Baznas dan LAZ akan semakin banyak melakukan kolaborasi, baik dalam konteks pengumpulan, pendistribusian, maupun pendayagunaan zakat," ujar Kiai Noor. 

BACA JUGA:Baznas Salurkan Zakat Perusahaan PT Adev Natural Indonesia Senilai Rp 1.1 Miliar

Kiai Noor mengatakan, kolaborasi yang dimaksud tidak hanya terbatas pada pengelolaan zakat, tetapi juga mencakup berbagai program seperti beasiswa, kemanusiaan, dan kesehatan. Ia menegaskan pentingnya pertemuan yang lebih intens antara Baznas dan LAZ untuk memastikan sinergi program yang optimal.

Lebih lanjut, Kiai Noor menyampaikan, salah satu visi besar yang dibahas dalam Rakornas ini adalah rencana pembangunan rumah sakit, baik di Indonesia maupun di Palestina. Menurutnya, hal ini bisa terwujud dengan dukungan seluruh LAZ di Indonesia.

Di akhir sambutan, Kiai Noor menegaskan,  Baznas dan LAZ akan terus berkomitmen untuk mengembangkan dakwah zakat di dalam negeri, terutama dalam pengentasan kemiskinan dan menyejahterakan umat. 

"Dakwah zakat kita harus semakin kuat. Kita ingin semakin banyak mustahik yang terbantu, dan kemiskinan bisa diatasi secara signifikan." pungkasnya.

BACA JUGA:Baznas RI Salurkan Infak dari Organisasi Islam Cilegon ke Palestina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: