bannerdiswayaward

Jangan Remehkan Kampas Ganda, Si Kecil Penentu Performa Motor Anda

Jangan Remehkan Kampas Ganda, Si Kecil Penentu Performa Motor Anda

Dalam kondisi ideal, kampas ganda menjaga proses penyaluran tenaga tetap halus dan stabil. Namun, saat sudah aus akibat gesekan berlebihan atau pola berkendara yang kurang baik, komponen ini dapat mengganggu kerja CVT secara keseluruhan.-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Bagi pengguna sepeda motor Honda bertipe matic, ada satu komponen yang bentuknya kecil tapi sering terabaikan padahal punya peran penting dan vital, apalagi kalao bukan kampas ganda

Bekerja secara otomatis melalui mekanisme gaya sentrifugal, kampas ganda bertugas memastikan tenaga dari mesin dapat diteruskan ke roda belakang saat akselerasi. Pada kondisi yang optimal, membuat motor terasa ringan dan responsif.

BACA JUGA:Jelang Nataru, Kemenhub Targetkan 15 Ribu Kendaraan Melakukan Rampcheck di Seluruh Indonesia

BACA JUGA:Mitsubishi New Pajero Sport Dibalut Fitur Lengkap dan Performa Andal

Perlu dipahami bila kondisinya tidak optimal atau sudah aus, tarikan bisa terasa berat atau tersendat, bahkan bisa menimbulkan slip saat akselerasi. 

Inilah sebabnya, penting untuk mengetahui fungsi serta menjaga kondisi kampas ganda menjadi hal yang tidak boleh diabaikan.

Dalam kondisi ideal, kampas ganda menjaga proses penyaluran tenaga tetap halus dan stabil. Namun, saat sudah aus akibat gesekan berlebihan atau pola berkendara yang kurang baik, komponen ini dapat mengganggu kerja CVT secara keseluruhan.

BACA JUGA:Kemendikdasmen Siapkan Anugerah Guru Indonesia saat Puncak Bulan Guru

BACA JUGA:Bukti Transparansi, Komisi III Undang LSM yang Tolak KUHAP Baru untuk Dialog Publik

Untuk menjaga kondisi kampas ganda tetap prima, pengguna sepeda motor Honda bertipa matic sebaiknya menerapkan beberapa cara perawatan sederhana sebagai berikut:

  • Lakukan servis CVT secara rutin setiap 8.000 km - 12.000 km untuk membersihkan debu dan residu gesekan kampas.
  • Gunakan bahan bakar serta oli sesuai rekomendasi pabrikan guna menjaga stabilitas kerja mesin dan transmisi.
  • Hindari kebiasaan menarik gas dan rem secara bergantian dalam durasi lama saat macet, karena dapat mempercepat keausan kampas.
  • Minta teknisi untuk memeriksa kondisi rumah kopling (mangkok ganda) apakah permukaannya masih halus atau sudah bergelombang/tergores.
  • Dengan menjalankan perawatan tersebut secara konsisten, umur pakai kampas ganda dapat lebih panjang dan performa motor tetap optimal.

Selain perlu memahami cara merawatnya, pengguna sepeda motor Honda bertipe matic juga perlu mengenali tanda kampas ganda mulai bermasalah.

BACA JUGA:Impor Thrifting Dilarang, Cak Imin Minta UMKM Ubah Haluan Bisnis: Jangan Bisnis Baju Bekas Lagi

BACA JUGA:Electricity Connect 2025, Pemerintah Komitmen Bangun Ekosistem Kelistrikan Berbasis EBT

Beberapa ciri yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  • Tarikan awal terasa berat saat motor mulai jalan meski mesin terdengar normal.
  • Terjadi getaran atau hentakan di area CVT ketika akselerasi awal.
  • Muncul bunyi decit atau suara gesekan dari area CVT.
  • Warna kampas terlihat menghitam atau keras saat dibongkar, pertanda panas berlebih akibat gesekan terus-menerus.
  • Mesin meraung tinggi, tetapi motor tidak segera melaju (slip).

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel

Sumber:

Close Ads