Menko PMK di Cilegon, Sistem Buka Tutup Menuju Pelabuhan Merak Masih Diberlakukan

Menko PMK di Cilegon, Sistem Buka Tutup Menuju Pelabuhan Merak Masih Diberlakukan

Menko PMK saat meninjau Pelabuhan Merak, Cilegon.--

Pihak PT ASDP sudah memberlakukan kebijakan penambahan jumlah kapal penyeberangan dan sebisa mungkin mempercepat proses bongkar muat.

Upaya tersebut, juga dilakukan penambahan 2 pelabuhan yaitu Pelabuhan Bojonegara dan Pelabuhan Indah Kiat.

“Bahkan dari Pelabuhan Bakauheni, ada kapal yang berangkat menuju Pelabuhan Merak tanpa mengangkut penumpang. Total saat ini ada 8 kapal yang hanya bongkar di pelabuhan Bakauheni dan langsung kembali ke Merak,” tutur Menko PMK.

BACA JUGA:Penambahan 2 Pelabuhan Selain Penyeberangan Merak Mampu Urai Kemacetan Mudik Lebaran

Tak hanya itu, pihak Kementerian Perhubungan, juga menyiapkan 2 pelabuhan tambahan untuk mendukung kerja Pelabuhan Merak yaitu Pelabuhan Indah Kiat dan Pelabuhan Bojonegara.

Diketahui, Menko PMK telah melakukan peninjauan sejak Sabtu dini hari hingga siang tadi 30 April 2022 untuk memantau dan memastikan kelancaran arus mudik di Merak.

Dalam peninjauan tersebut dia didampingi Sesjen Kemenhub Djoko Sasono, Direktur utama BKI Rudyanto, dan Direktur Utama Gapasdap Khoiri Soetomo.

BACA JUGA:Hilal Diperkirakan Terlihat Capai Ketinggian 4 Derajat Sore Ini

Kemudian dalam perkembangan terakhir di Sabtu siang 30 April, kepadatan kendaraan yang akan menyeberang dari Merak ke Bakauheni sudah relatif normal.

“Alhamdulillah pada siang hari ini untuk penyebrangan, sudah relatif normal. Rata-rata sudah tidak menunggu lama di tempat ini, kemudian kita akan terus memaksimalkan berbagai upaya termasuk penambahan kapal dan mengatur limit bongkar muat, serta giliran kapal masuk ke dermaga lebih kita perketat proses pengangkutan mereka,” kata Muhadjir.

BACA JUGA:Doddy Mendadak Ajukan Banding Atas Perwalian Gala Sky

Pada kesempatan itu, Menko PMK turut menyampaikan terimakasih kepada awak media yang sudah mengikuti perkembangan dan penanganan mudik untuk memberikan informasi yang bermanfaat untuk pemudik.

“Saya ucapkan terimakasih atas dedikasi rekan-rekan wartawan yang terus memantau dan mengikuti perkembangan penanganan mudik khsusunya penyebrangan dari Merak ke Bakauheni,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: