Simak, Ini 6 Amalan Sunnah Nabi Muhammad di Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah

Simak, Ini 6 Amalan Sunnah Nabi Muhammad di Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah

Salat tarawih di Masjidil Haram sudah dilakukan pada Jumat 1 April 2022 malam waktu setempat-Haramain_info-Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID - Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah yang jatuh pada 1 Syawwal belum ditentukan, sehingga Kementerian Agama (Kemenag) akan melakukan sidang isbat hari ini, Ahad 1 Mei 2022.

Kendati demikian, sembari menunggu keputusan pemerintah mengenai penentuan Hari Raya, Nabi Muhammad SAW telah meriwayat dan menerapkan kebiasaannya ketika menyambut hari spesial ini.

Setidaknya terdapat 6 (enam) amalan sunnah yang diperintahkan Allah SWT kepada Nabi-Nya ketika menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Apa saja amalan atau adab yang perlu diingat ketika kita berada di hari Idul Fithri? Berikut penjelasannya, sebagaimana dikutip dari Rumaysho.

BACA JUGA:6 Bulan Intai Rumah Korban, Perampok Ini Malah Lebaran di Tahanan Setelah Kena Pot Bunga

1. Disunnahkan untuk mandi sebelum berangkat shalat Idul Fithri

Mandi ketika itu disunnahkan. Yang menunjukkan anjuran ini adalah atsar dari sahabat Nabi.

Dari ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, seseorang pernah bertanya pada ‘Ali mengenai mandi. ‘Ali menjawab, “Mandilah setiap hari jika kamu mau.” Orang tadi berkata, “Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?” ‘Ali menjawab, “Mandi pada hari Jum’at, hari ‘Arafah, hari Idul Adha dan Idul Fithri.” (HR. Al-Baihaqi, 3: 278. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Lihat Al-Irwa’, 1: 177)

Ada riwayat dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma sebagai berikut.

عَنْ نَافِعٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ قَبْلَ أَنْ يَغْدُوَ إِلَى الْمُصَلَّى

Dari Nafi’, (ia berkata bahwa) ‘Abdullah bin ‘Umar biasa mandi di hari Idul Fithri sebelum ia berangkat pagi-pagi ke tanah lapang. (HR. Malik dalam Al-Muwatho’ 426. Imam Nawawi menyatakan bahwa atsar ini shahih)

Imam Nawawi rahimahullah menyatakan bahwa para ulama sepakat akan disunnahkannya mandi untuk shalat ‘ied.

Dikatakan dianjurkan karena saat itu adalah berkumpungnya orang banyak sama halnya dengan shalat Jum’at. Kalau shalat Jum’at dianjurkan mandi, maka shalat ‘ied pun sama.

BACA JUGA:Cerita Pemudik asal Ciamis Bawa Kambing dan Kucing

Sumber: