Terdampak Konflik, Layanan Google News Diblokir Rusia

Terdampak Konflik, Layanan Google News Diblokir Rusia

Tangkapan layar aplikasi Google News.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Google News, layanan penyedia berita dari seluruh web yang dibangun Google, diblokir aksesnya oleh Rusia. 

Regulator media Rusia Roskomnadzor memutuskan memblokir akses ke layanan internet Google News, seiring konflik Rusia-Ukraina.

Roskomnadzor menyebut, pemblokiran akses ke Google News atas keputusan Kejaksaan Agung.

Alasannya, layanan itu menyediakan akses ke materi yang berisi informasi tidak dapat diandalkan tentang tindakan militer Moskow di Ukraina.

"Sumber berita online Amerika menyediakan akses ke berbagai publikasi dan materi yang berisi informasi penting secara sosial yang tidak dapat diandalkan tentang jalannya operasi militer khusus di wilayah Ukraina," kata regulator, Kamis, 24 Maret 2022.

BACA JUGA:Antrean Beli Solar Mengular, Sopir Truk Sampai Menginap di SPBU

Roskomnadzor mencatat dalam pernyataannya, bahwa menurut undang-undang Rusia yang baru, penyebaran informasi yang secara sadar salah tentang tindakan tentara Rusia adalah pelanggaran pidana.

Beberapa hari yang lalu, Roskomnadzor mencap layanan video milik Google, YouTube, sebagai “senjata dalam perang informasi anti-Rusia” dan meminta perusahaan tersebut untuk segera menghentikan segala pembatasan terhadap outlet media Rusia yang diberlakukan pada platform tersebut.

Sejak peluncuran serangan militer Rusia di Ukraina, baik Moskow maupun Kiev telah berusaha keras melawan apa yang mereka sebut 'berita palsu'.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: