Hujan Deras, Banjir Hantam 3 Kecamatan di Purwakarta

Hujan Deras, Banjir Hantam 3 Kecamatan di Purwakarta

Petugas BPBD Purwakarta turun tangan mengatasi banjir yang melanda 3 kecamatan.-BPBD Purwakarta-disway.id

PURWAKARTA, DISWAY.ID - Banjir melanda tiga kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Banjir terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan aliran Sungai Cikao meluap pada sejak Rabu 4 Mei 2022 pukul 18.00 waktu setempat.

"Tiga kecamatan terdampak peristiwa tersebut meliputi Kecamatan Babakan Cikao (Desa Kadu Mekar), Kecamatan Pondoksalam (Desa Sukajadi) dan Kecamatan Wanayasa (Desa Wanayasa)," terang Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan yang diterima, Jumat 6 Mei 2022.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta bersama tim satuan tugas gabungan yang terdiri dari SAR, TNI, Polri dan relawan lokal setempat membantu evakuasi warga  yang terjebak banjir sebanyak 12 KK ke kediaman kerabat terdekat dan di Aula Kecamatan Babakan Cikao. 

"BPBD Kabupaten Purwakarta juga mencatat sebanyak tujuh unit rumah terdampak dan akses jalan pemukiman warga mengalami kerusakan," imbuh Muhari.

BPBD bersama aparat desa, Babinsa dan tim PLN melakukan kaji cepat ke lokasi terdampak termasuk pada akses jalan pemukiman warga yang mengalami kerusakan untuk segera dilakukan penanganan darurat sehingga jalan tersebut dapat berfungsi kembali sebagai akses mobilitas warga setempat.

BACA JUGA:Tim Gabungan Bersihkan Sisa Material Pascabanjir Di Kabupaten Bangka Selatan

Kondisi terkini banjir sudah mulai surut dan BPBD setempat terus melakukan koordinasi terkait percepatan penanganan pascabanjir.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu siang hingga malam hari yang berlaku mulai tanggal 5 sampai 7 Mei 2022 untuk beberapa wilayah di Provinsi Jawa Barat.

Wilayah tersebut meliputi Kabupaten Purwakarta, Kabupaten/Kota Bogor, Kabupaten/Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kabupaten/Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:Permukiman Warga Kebon Pala Jakarta Timur Terendam Banjir, Imbas Luapan Sungai Ciliwung

Selanjutnya Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, Kabupaten/Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten/Kota Sukabumi, Kabupaten Garut, Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar.

Sedangkan pada waktu dini hari untuk wilayah di Kabupaten/Kota Bogor, Kabupaten/Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Garut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bnpb