Taliban Minta Perempuan Wajib Tutupi Wajah, Langgar Aturan Kerabat Siap-siap Dipenjarakan

Taliban Minta Perempuan Wajib Tutupi Wajah, Langgar Aturan Kerabat Siap-siap Dipenjarakan

Wanita mengenakan burqa di sebuah pasar di Kabul pada 2 November 2021. -Nytimes -disway.id

KABUL, DISWAY.ID - Pemerintah Taliban Afghanistan memerintahkan perempuan wajib menutupi wajah mereka di depan umum. Kebijakan khas ini berlaku kembali, jika melanggara akan dipenjarakan.

Sebuah keputusan dari pemimpin tertinggi Haibatullah Akhundzada mengatakan bahwa jika seorang wanita tidak menutupi wajahnya di luar rumahnya, ayahnya atau kerabat laki-laki terdekatnya akan dikunjungi dan menghadapi kemungkinan dipenjara atau dipecat dari pekerjaan negara.

”Kami menyerukan kepada dunia untuk bekerja sama dengan Imarah Islam dan rakyat Afghanistan. Jangan ganggu kami. Jangan membawa lebih banyak tekanan, karena sejarah adalah saksi, rakyat Afghanistan tidak akan terpengaruh oleh tekanan,” Mohammad Khalid Hanafi, Menteri Penyebaran Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan, mengatakan pada konferensi pers, Minggu 8 Mei 2022.

BACA JUGA:Merinding! Putin Kirim Peringatkan ‘Hari Kiamat’ ke Barat

Penutup wajah yang ideal adalah burqa biru yang mencakup semua, kata kelompok itu, mengacu pada pakaian yang wajib bagi wanita di depan umum selama pemerintahan Taliban sebelumnya dari 1996 hingga 2001.

Kebanyakan wanita di Afghanistan mengenakan jilbab karena alasan agama tetapi banyak di daerah perkotaan seperti Kabul tidak menutupi wajah mereka.

Taliban telah menghadapi kritik keras dari pemerintah Barat, termasuk beberapa cendekiawan agama dan negara-negara Islam, karena membatasi hak-hak perempuan termasuk menutup sekolah menengah perempuan.

BACA JUGA:Ledakan Gas Tewaskan 22 Orang di Hotel Saratoga, Kuba

Misi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Afghanistan (Unama) mengatakan dalam sebuah pernyataan mereka akan segera mengadakan pertemuan dengan Taliban mengenai masalah ini. 

”Unama sangat prihatin dengan pengumuman hari ini oleh otoritas de facto Taliban keputusan ini bertentangan dengan banyak jaminan mengenai penghormatan dan perlindungan hak asasi manusia semua warga Afghanistan," jelasnya.

Sementara itu Amerika Serikat dan negara lainnya telah memotong bantuan pembangunan dan memberikan sanksi pada sistem perbankan sejak kelompok itu mengambil alih pada Agustus, mendorong Afghanistan menuju kehancuran ekonomi.

BACA JUGA:Putin Dikabarkan Sakit, Sempat Kejang Saat Pertemuan Dengan Menteri Pertahanan

”Ini mengganggu kehidupan pribadi perempuan," kata advokat hak-hak perempuan yang berbasis di Kabul Mahbouba Seraj.

”Hari ini, kami memiliki banyak masalah lain, seperti serangan bunuh diri, Kemiskinan Orang-orang sekarat setiap hari, anak perempuan kami tidak bisa sekolah, perempuan tidak bisa bekerja. Tapi mereka hanya berpikir dan berbicara dan membuat undang-undang tentang hijab (perempuan),” tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters