Pembebasan Palestina Kembali Dibahas Tapi Anggota DPR Batal ke Jalur Gaza, Ini Alasannya

Pembebasan Palestina Kembali Dibahas Tapi Anggota DPR Batal ke Jalur Gaza, Ini Alasannya

Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI-Parlemen Palestina menggelar pertemuan dengan Duta Besar LBPP RI untuk Kerajaan Yordania Hasyimiah merangkap Palestina. Pertemuan berlangsung di KBRI Amman, Yordania, Senin, 23 Mei 2022.-DPR RI -Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR-Parlemen Palestina Syahrul Aidi Maazat menyatakan DPR RI terus berkomitmen mendukung isu pembebasan Palestina. 

Bahkan isu pembebasan Palestina ini juga disoroti masyarakat dunia yang begitu respon terhadap keselamatan rakyata Palestina atas agresi yang dilakukan Israel. 

Syahrul Aidi Maazat menyampaikan bahwa pada awalnya rencana kunjungan akan berlangsung ke Jalur Gaza.

BACA JUGA:Rakyat Palestina Kembali Diserang Israel Bertepatan Saat Rayakan Hari Yawm an-Nakba 

Melihat situasi dan kondisi serta pertimbangan keamanan, keselamatan serta efektifitas hubungan antar parlemen, GKSB memutuskan untuk melakukan diplomasi parlemen dengan Parlemen Palestina di Yordania.

“Cara DPR mendukung Palestina lebih leluasa karena sifat diplomasi parlemen yang lebih fleksibel,” kata Syahrul Aidi Maazat, Rabu 25 Mei 2022. 

Duta Besar RI Ade Padmo Sarwono menyambut baik kedatangan GKSB DPR RI-Parlemen Palestina di Amman. 

Ade Padmo Sarwono mengatakan bahwa situasi yang semakin memanas yang terjadi di Palestina saat ini memiliki kompleksitas sendiri, terutama terkait penyerangan Masjid Al-Aqsa oleh Apkam Israel dan penembakan jurnalis Al-Jazeera Shireen Abu Akleh.

BACA JUGA:Tragedi masjid Al-Aqsa, Erdogan Kutuk Israel, Dukung Penuh Palestina

Sebagai informasi, konflik berkepanjangan antara Palestina-Israel hingga saat ini masih belum menemukan jalan perdamaian. 

Sama seperti Indonesia, Yordania sebenarnya selalu konsisiten mendukung solusi dua negara sebagai status akhir dalam konflik.

Dalam kasus Al-Aqsa, Yordania memiliki custodisn atau otoritas penuh yang mengatur izin masuk Al-Aqsa.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Anggota GKSB DPR RI-Parlemen Palestina diantaranya Darul Siska, La Tinro Ta Tunrung, dan Subardi serta jajaran KBRI Amman.

BACA JUGA:Tiongkok dan Indonesia Kecam Keras Aksi Kekerasan Israel Terhadap Palestina di Masjid Al Aqsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: