Awas 5 Makanan Ini Diklaim Bisa Turunkan Fungsi Otak, Salah Satunya Daging Olahan

Awas 5 Makanan Ini Diklaim Bisa Turunkan Fungsi Otak, Salah Satunya Daging Olahan

Awas 5 Makanan Ini Diklaim Bisa Turunkan Fungsi Otak, Salah Satunya Daging Olahan --Freepik/kjpargeter

4. Soda Manis

Sudah barang pasti bahwa soda manis tidak sehat. Tetapi di luar sebagai penyebab gigi berlubang dan penambahan berat badan, itu juga dapat berkontribusi pada penurunan kognitif.

BACA JUGA:Airlangga Nilai Buya Syafii sebagai Orang Tua Bagi Generasi Bangsa

Menurut sebuah studi 2019, sering menyeruput minuman manis dapat meningkatkan gula darah, peradangan, dan stres oksidatif. Semua hal yang terjadi itu dapat mengacaukan kemampuan sel saraf untuk berkomunikasi.

5. Gorengan

Makanan gorengan seperti onion ring dan kentang goreng penuh dengan AGEs. Makanan yang digoreng juga penuh dengan lemak jenuh, yang ternyata berkaitan dengan kolesterol tinggi dan peradangan, dua faktor risiko besar untuk penyakit Alzheimer.

Tukar makanan yang digoreng dengan hidangan panggang. Makanan yang dikukus, direbus, dan dipanggang juga merupakan pilihan yang bagus.

Berikut gaya hidup sehat yang bisa mencegah penurunan fungsi otak:

BACA JUGA:Jadwal PPDB Jawa Timur 2022, Verifikasi Nilai Rapor Siswa Dibuka Hari Ini

1. Lebih aktif berolahraga

Tahukah Anda bahwa fungsi kognitif pada seseorang dengan usia lanjut bisa meningkat dengan rutin berolahraga? 

Ya, ternyata aktivitas sehat untul lansia seperti ini dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif dengan meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres, hingga mencegah penurunan fungsi kognitif otak.

Olahraga yang Anda pilih tidak harus yang berat. Setidaknya, gerakkan tubuh secara aktif kurang lebih 30 menit setiap hari sebanyak lima kali dalam seminggu. 

BACA JUGA:Adik Ridwan Kamil Sampaikan Kabar Terbaru Soal Kondisi Emmeril di Swiss: Mohon Doanya

Intinya, lakukan berbagai aktivitas fisik yang positif setiap harinya. Tak hanya itu, kelola stres dengan baik, tidur yang cukup, berhenti merokok, dan membatasi konsumsi alkohol juga dapat membantu Anda menjaga fungsi otak tetap baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: