Hati-hati, Penyebab Rambut Putih di Usia Muda Bisa Berisiko Penyakit Koroner

Hati-hati, Penyebab Rambut Putih di Usia Muda Bisa Berisiko Penyakit Koroner

Ilustrasi. Rambut Putih-Pixabay -

JAKARTA, DISWAY.ID, Rambut putih atau uban adalah hal yang alami terjadi seiring bertambahnya usia. Namun jika uban atau Rambut putih tumbuh di usia muda khususnya pria di awal usia 30-an maka perlu diperhatikan. Beberapa penyebab tumbuhnya Rambut putih disebabkan kekurangan vitamin dan keberadaan jamur.

Akan tetapi tumbuhnya rambut putih pada pria di usia muda bisa berisiko penyakit koroner.  Sebuah studi yang dirilis Annual Conference Of Cardiological Society of India ke-69, rambut putih pada pria dikaitkan dengan risiko penyakit jantung koroner. Rambut putih yang dimaksud terjadi pada pria usia awal 30-an. 

Penyakit jantung koroner adalah penyempitan pembuluh darah arteri, yang berpotensi sebabkan serangan jantung. Selain itu, mereka yang beruban di usia muda, juga dikaitkan dengan stress oksidatif.

Tanda Kekurangan Gizi

Mereka yang mengalami rambut beruban di usia muda, dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B6, B12, biotin, vitamin D atau juga Vitamin E.

Jurnal Developments melaporkan, ditemukan bahwa defisinsei vitamin D3 B3 dan cuprum.

Tanda Infeksi Jamur 

Yang dimaksud di sini adalah sebuah kondisi bernama piedra putih. Piedra putih adalah sejenis infeksi jamur yang terjadi pada batang rambut manusia.

Infeksi terjadi pada rambut mana pun di tubuh manusia ini, disebabkan oleh ragi bernama trichomycosis. Cirinya adalah rambut atau bulu yang diselimuti oleh zat berwarna putih.

Selain karena piedra putih, keberadaan kutu pubis, juga dapat menyebabkan rambut, dalam hal ini bulu kemaluan, terlihat memutih.

Vitiligo

Vitiligo, sebuah kondisi yang memicu terjadinya pemudaran pada warna rambut, disebut ahli juga dapat menyebabkan rambut terlihat memutih

Jika di luar dari faktor usia, rambut yang memutih layak untuk diperhatikan. Buatlah janji dengan dokter untuk memastikan kondisi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: