Simak! Ini Adab-adab di Hari Jumat Sesuai Petunjuk Nabi Muhammad SAW

Simak! Ini Adab-adab di Hari Jumat Sesuai Petunjuk Nabi Muhammad SAW

Seorang muslim melakukan sedang melakukan sujud di sebuah Masjid di Istanbul, Turki- Imad Alassiry-Unsplash

JAKARTA, DISWAY.ID -- Bagi umat Islam hari Jumat adalah hari paling terbaik di antara hari lainnya di sisi Allah SWT.

Hari Jumat memiliki keistimewaan sendiri, mulai dari hari paling diberkahi Allah SWT hingga disukai oleh Nabi Muhammad SAW

Rasulullah kerap melakukan hal-hal yang sifatnya berfaedah dan dapat dilakukan oleh seluruh umat Muslim.

BACA JUGA:Jenazah Eril Ditemukan dalam Keadaan Tersenyum dan Wangi, Kata Bunda Atalia

Jadi persiapkan diri kamu di hari mulia ini dengan amalan-amalan sesuai petunjuk Nabi Muhammad SAW ini:

1. Memperbanyak Sholawat Nabi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i)

2. Mandi Jumat

Mandi pada hari Jumat wajib hukumnya bagi setiap muslim yang baligh berdasarkan hadits Abu Sa’id Al Khudri, di mana Rasulullah bersabda yang artinya, “Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang baligh.” (HR. Bukhori dan Muslim).

Mandi Jumat ini diwajibkan bagi setiap muslim pria yang telah baligh, tetapi tidak wajib bagi anak-anak, wanita, orang sakit dan musafir. Sedangkan waktunya adalah sebelum berangkat sholat Jumat. Adapun tata cara mandi Jumat ini seperti halnya mandi janabah biasa. Rasulullah bersabda yang artinya, “Barang siapa mandi Jumat seperti mandi janabah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:Jadi Saksi Mata Hilangnya Eril, Atalia Ungkap Pesan Menyentuh: Ini Kali Pertama Saya Kuat Bicara

3. Menggunakan Minyak Wangi

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Barang siapa mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu sholat sesuai yang ditentukan baginya dan ketika imam memulai khotbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Bersegera Untuk Berangkat ke Masjid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: