Pengkhianat Burung

Pengkhianat Burung

--

TERBUKTI melanggar konstitusi tapi ya hanya begitu saja.

Putusan wakil ketua DPR Pakistan itu akhirnya dinyatakan tidak berlaku –melanggar konstitusi. Tapi tidak ada hukuman pidana untuknya. Atau belum.

Yang membatalkan putusan wakil ketua DPR itu Mahkamah Agung Pakistan. Dengan suara bulat. Lima hakim agung –seluruh hakim agung menjadi majelis persidangan– berpendapat sama: berarti Perdana Menteri Imran Khan kalah –untuk sementara. Tapi tetap menjadi perdana menteri. 

Hari itu, Minggu 3 April, Wakil Ketua DPR Qasim Suri memimpin sidang pleno. Acaranya: pemungutan suara atas mosi tidak percaya yang diusulkan oposisi.

Oposisi sudah mengantongi tanda tangan lebih 280 anggota DPR: setuju agar perdana menteri dilengserkan. Berarti sudah melebihi 171 –separo kursi DPR. Hari itu, mestinya, Imran Khan langsung kehilangan kedudukan.

Tapi Qasim Suri membuka sidang dengan membaca keputusan pimpinan DPR: pemungutan suara tidak bisa dilaksanakan. Alasannya: perdana menteri sudah menulis surat ke presiden untuk membubarkan DPR.

Begitu selesai membacakan putusan itu Qasim langsung menutup sidang. Lalu meninggalkan tempat.

Oposisi mempersoalkan itu: tugas pimpinan sidang adalah memimpin sidang sesuai dengan acara. Bukan membuat keputusan. "Pimpinan sidang tidak boleh membuat keputusan. Itu melanggar konstitusi," ujar oposisi.

Mereka pun ke Mahkamah Agung. Dua hari kemudian MA sudah mulai bersidang. Lima hari kemudian putusan sudah diucapkan: yang diputuskan oleh wakil ketua DPR itu harus diabaikan.

Putusan lainnya: Imran Khan masih tetap perdana menteri. DPR tetap eksis. Pimpinan DPR tetap berfungsi.

Dalam proses sidang itu diketahui bahwa yang dibaca Qasim itu adalah tulisan ketua DPR –satu partai dengan Qasim. Yakni partai PTI –Pakistan Tehreek-e-Insaf.

Qasim kini jadi tokoh politik top di Pakistan. Dibicarakan secara luas: karena keberaniannya memimpin sidang dengan cara seperti itu.

Ia berumur 53 tahun. Asal Balochistan yang –Anda sudah tahu– sangat gersang. Provinsi ini luas sekali. Mulai dari berbatasan Afghanistan di utara sampai pelabuhan Tiongkok di Gwardar, di Samudera Hindia.

Qasim lulusan ilmu politik dan hubungan internasional dari University of Balochistan. Dapil-nya Quitta –ibu kota provinsi.

Qasim dua kali jadi caleg. Yang pertama gagal. Hanya dapat 16.000 suara.

Pemilu berikutnya ia berhasil. Ia mendapat 25.000 suara –cukup untuk satu kursi DPR.

Di pemilihan wakil ketua DPR, Qasim mengalahkan calon satu partai dengannya.

Qasim dari suku Pashtun –nama lengkapnya Qasim Khan Suri. Ia berani melawan siapa pun yang mengecamnya sebagai ''pengkhianat konstitusi''.

Kebetulan salah satu partai oposisi juga baru saja punya ''penyakit''. Bulan lalu: satu wartawan mati di dalam sekapan politisi partai oposisi itu.

Sang wartawan disekap di sebuah rumah. Itu karena si wartawan mempersoalkan izin orang-orang dari Arab yang lagi berburu burung houbara di taman nasional.

Wartawan itu lantas dibawa ke salah satu rumah kader partai. Disekap. Dihajar. Meninggal. Diketahui politisi dari partai oposisi yang mendalangi semua itu.

Istri sang wartawan mengadukan kejadian itu. Tiga hari kemudian sang istri ketakutan. Ibu dua anak itu sampai mencabut laporannyi. "Kami sudah ikhlas," katanyi. "Kami harus melindungi anak-anak kami," tambahnyi.

Pakistan memang mengizinkan orang-orang dari Arab Saudi, UEA, dan Qatar untuk berburu houbara. Termasuk keluarga kerajaan Arab.

Perburuan itu hanya bisa dilakukan bulan Januari, Februari, dan Maret.

Di bulan-bulan seperti itu kabilah besar burung houbara memang terbang ke Pakistan. Cari tempat hangat. Mereka terbang dari benua Utara yang lagi musim salju. Itu sudah terjadi sejak zaman dulu.

Maka saling hujat, kini terjadi di antara politisi di Pakistan. Pasti akan lebih ramai di hari-hari berikutnya. 

Mereka juga saling demo. Saya sering membaca seruan demo dari partai politik. Waktu demo yang ditetapkan: habis salat isya.

Rupanya menyesuaikan dengan bulan puasa. Demo harus malam hari. Waktunya hanya disebut ''habis salat isya''. Bukan ''habis tarawih''.

Dalam demo-demo itu Imran Khan menegaskan: para pengkhianat partai tidak akan bisa jadi caleg lagi.

Imran juga selalu mengungkapkan kemelut sekarang ini didalangi oleh Amerika. Ia menyebut nama Donald Lu. Ia wakil Menlu Amerika urusan Asia Selatan. Donald Lu dianggap melakukan kontak-kontak politik dengan mereka yang memprakarsai mosi tidak percaya. 

Tapi putusan Mahkamah Agung itu sendiri belum akan membuat semuanya jelas. Apakah harus segera Pemilu. Kan DPR masih eksis. Atau masih menunggu mosi tidak percaya berikutnya. Yang oposisi belum tentu masih akan berhasil. Bisa saja di antara yang dulu membelot dari Imran Khan sudah masuk angin.

Setidaknya heboh-heboh politik ini telah membuat sebagian orang melupakan kenaikan harga-harga di sana. 

Karena harga-harga naik politik kisruh. Karena kisruh mereka lupa kalau harga-harga naik.(Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Berjudul: Solar, Curah

Lagarenze Lagarenze
Orangnya keren, tulisannya keren, medianya keren, tapi kok iklan-iklannya kayak koran lampu merah....

ALTEZZA EXEL
Saya masih setia dengan pertamax.. tapi untuk motor.. Klo mobil, saya blum ngisi bensin lagi. hihihi

Yuppi Apriamin
Sebagai Presiden Disway apakah Abah DI tidak memiliki kekuasaan untuk menolak memasang iklan dari m*id? Sebagai rakyat, sungguh sy merasa kurang sreg. Tks.

monalisa heryani
Semoga nanti pulkam, stok bbm lancar, du trans jawa maupun trans sumatera. Mudik kali ini pasti ramai, trus tiba2 stok bbm kosong, bisa horor jadinya. Jd teringat travedi brexit. Tol bagus, tp stok bbm kosong, sama aja bohong. Ohya, disway yang cukup menambah wawasan, tapi kl iklannya menyebalkan, mgkn berpikir ulang utk melihat disway lg

Rank Bukik
Melihat panjangnya antrian minyak goreng di negeri wakanda, seorang wartawan mewawancarai Ketua Partai pendukung pemerintah.
- Wartawan : Sepertinya klaim bahwa pengangguran sudah turun di negeri ini tidak terbukti, lihat panjangnya antrian yg mengular untuk minyak goreng . Apakah mereka tidak bekerja atau berusaha, komentar bapak?
+ Ketua Partai : Siapa bilang mereka pengangguran, yg antri itu punya usaha dan karyawan. Sekarang kan semuanya sudah online, anda saja yang tidak tahu...
- Wartawan : Memangnya apa saja kerja mereka pak?
+ Ketua Partai : Yang usaha online itu tiktoker dan youtuber.
- Wartawan : Kalau yg karyawan?
+ Ketua Partai : Admin di group WA

siklusnya selalu sama..
1. oposisi dilemahkan, kuasai dpr.
2. kritik rakyat dibungkam (dulu dgn Aparat, skr dgn buzzer) + penangkapan para garis keras.
3. media dibungkam / dikuasai...
4. tdk ada kritik, tdk ada kontrol.
5. berlakulah ketidakadilan.
6. buruklah ekonomi.
7. rakyat antri bahan pokok.
8. mahasiswa demo.
9. kerusuhan & krisis.
10. keadaan darurat.
11. ganti penguasa.
indonesia di fase 8 skr. srilanka di fase 10. kekuasaan membuat mabuk, sejarah tdk menjadi pelajaran

Aji Bayu
Dah saya baca artikelnya. Dah saya pahami, ternyata solar curah itu bukan produk desa curah. By the way, Kecamatan Selo di selangkangan Merapi dan Merbabu itu berarti Boyolali itu menghadap kemana yaa...?? Kekekwkwke

Sabrina Cantiq
3 hari yg lalu saya melihat bisnis unik di Madiun. Minyak goreng dijual 250 ml dalam plastik. Pembelinya bakul nasi goreng gerobak. Penjual migor eceran senang dan penjual nasgor happy, baginya dng Ro5rb dah bisa jualan nasgor beberapa porsi. Tapi saya baru sadari ternyata minyak goreng 250ml plastikan itu adalah minyak goreng curah. Dari 14rb diecer jadi 20rb. Mestinya hal2 seperti ini diantisipasi, ya ndak boleh harusnya. Tapi harus disadari kadang rakyat kecil juga licik dengan sesamanya, menaikan harga sesukanya, contohnya migor curah eceran itu. Inilah Indonesia Hebat itu, yg kecil licik dan yg besar santun tapi menyengsarakan. 

Teguh Wibowo
Ada pepatah Jepang "Karena satu paku terlepas maka tapal kuda lepas, karena tapal kuda lepas kuda tidak bisa berlari, karena kuda tidak bisa berlari maka pesan tidak dapat terkirim, dan karena pesan tidak terkirim maka kalah dalam perang".

oyong mantep
"solar curah" hari ini ternyata menyisipkan jeritan (Admin Disway) untuk kembali beriklan, sulit untuk dapat sebersih "planetarium walisongo" ada apa gerangan? semoga hanya terlupa memindahkan baris perintahnya kebawah komentar

Agustinus Marampa
Lagi lagi dan lagi, selama peluang mafia di Indonesia masih bisa leluasa ya itu anda sudah TAHU, mungkin sudah mendesak untuk Pak Dahlan saja yang turun tangan, kalau bisa dikaji kemungkinan untuk mendesak menggunakan system EKONOMI komunis (bukan faham komunis) agar keperluan masyarakat yang pokok tidak diganggu oleh siapapun, karena Dikuasai oleh Negara seluruhnya mulai dari bahan baku ,produksi Industri maupun distribusinya.

bagus aryo sutikno
Marilah kita berharap yg terbaik. Setelah krisis minyak goreng dilanjut krisis minyak solar, SEMOGA rakyat Indonesia jadi tertib saat antri. Agar saat krisis terigu datang dah pada siapp. 

Martin Martono
Minyak goreng naik harga kasih blt Nanti kalau gula pasir mahal, bisa jadi akan ada blt lagi. Kalau telur harganya mahal bisa juga dicanangkan blt. BLT....

Johannes Kitono
Saat ini mau ikut komentar di Disway perlu perjuangan tinggi, seperti lansia usia 70 th nikah dengan perawan ting ting usia 18 th.Aki aki tanpa rekayasa viagra , jamu Arab atau Madura pasti tak berdaya. Angan angan dan harapan ingin naik kuda binal bisa jadi malapetaka.Mati jantungan diatas pelana. Wow jadi melebar untuk menggambarkan betapa rumitnya proses untuk ikut komentar sampai Aki tua vs Perawan. Akhirnya bisa masuk komentar dan penetrasipun sukses dengan happy ending juga.Puas dan lega seperti supir yang masih kebagian Solar Curah setelah antri 3 hari.

Johannes Kitono
Solar untuk daerah luar Jawa memang selalu ada masalah terutama di daerah Kalbar bukan hanya pada masa perang Rusia vs Ukrainia saja. Pemilik mobil diesel disana yang tinggal di Pintu Lintas Batas Entikong sering mengisi BBM Solar di Tebedu, kota kecil di Sarawak dekat Entikong. Disana lebih terjamin mutu dan tidak perlu antri. Silahkan isi sendiri dan bayar di kasir.Saat ini dengan naiknya harga BBM dunia Solar di Malaysia pasti lebih mahal dari Solar Subsidi Pertamina.Jadi lebih baik pakai mobil BBM non Solar di daerah Kalbar sehingga terhindar dari antri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 129

  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Mister Xi
    Mister Xi
    • thamrindahlan
      thamrindahlan
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • Mister Xi
      Mister Xi
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Leong putu
    Leong putu
  • Arif Rahman
    Arif Rahman
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • Leong putu
      Leong putu
    • thamrindahlan
      thamrindahlan
    • Leong putu
      Leong putu
  • Zulkifli
    Zulkifli
  • Leong putu
    Leong putu
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Leong putu
    Leong putu
  • Leong putu
    Leong putu
    • sinung nugroho
      sinung nugroho
    • Leong putu
      Leong putu
  • Mister Xi
    Mister Xi
    • ZOMBI XXX
      ZOMBI XXX
    • Leong putu
      Leong putu
    • sinung nugroho
      sinung nugroho
    • Liam Then
      Liam Then
    • Mister Xi
      Mister Xi
  • Liam Then
    Liam Then
  • triyoga
    triyoga
    • Liam Then
      Liam Then
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • LULU TANI
    LULU TANI
  • alasroban
    alasroban
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • alasroban
      alasroban
    • alasroban
      alasroban
  • Fauzan Samsuri
    Fauzan Samsuri
  • Aji Muhammad Yusuf
    Aji Muhammad Yusuf
    • Liam Then
      Liam Then
  • Tomat
    Tomat
    • alasroban
      alasroban
  • Leong putu
    Leong putu
    • Leong putu
      Leong putu
    • alasroban
      alasroban
    • Leong putu
      Leong putu
  • JIM vsp
    JIM vsp
  • JIM vsp
    JIM vsp
  • Amat Kasela
    Amat Kasela
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
  • Leong putu
    Leong putu
    • Leong putu
      Leong putu
    • sinung nugroho
      sinung nugroho
  • Leong putu
    Leong putu
    • Leong putu
      Leong putu
  • Aji Muhammad Yusuf
    Aji Muhammad Yusuf
    • Aji Muhammad Yusuf
      Aji Muhammad Yusuf
  • Dian Gambar
    Dian Gambar
  • Buzzer NKRI
    Buzzer NKRI
    • majapahit 2021
      majapahit 2021
    • Buzzer NKRI
      Buzzer NKRI
  • Dian Gambar
    Dian Gambar
  • monalisa heryani
    monalisa heryani
  • Leong putu
    Leong putu
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Mister Xi
      Mister Xi
    • Leong putu
      Leong putu
    • Leong putu
      Leong putu
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
  • Mister Xi
    Mister Xi
    • ZOMBI XXX
      ZOMBI XXX
    • Mister Xi
      Mister Xi
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Leong putu
      Leong putu
    • Mister Xi
      Mister Xi
    • Mister Xi
      Mister Xi
    • Mister Xi
      Mister Xi
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
  • Suhan Al-Fasuruanie
    Suhan Al-Fasuruanie
    • Mister Xi
      Mister Xi
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
  • catur Sugi
    catur Sugi
    • Mister Xi
      Mister Xi
    • Leong putu
      Leong putu
    • Pembaca Disway
      Pembaca Disway
  • Mister Xi
    Mister Xi
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Mister Xi
      Mister Xi
    • Leong putu
      Leong putu
  • the bamboo
    the bamboo
    • Mister Xi
      Mister Xi
  • Gigih Arif Eka Rahmawan
    Gigih Arif Eka Rahmawan
    • Mister Xi
      Mister Xi
    • alasroban
      alasroban
  • Harun Purnomo
    Harun Purnomo
    • Mister Xi
      Mister Xi
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
  • Harun Purnomo
    Harun Purnomo
  • Harun Purnomo
    Harun Purnomo
  • DeniK
    DeniK
    • Mister Xi
      Mister Xi
    • Buzzer NKRI
      Buzzer NKRI
  • Amat Kasela
    Amat Kasela
    • Mister Xi
      Mister Xi
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
  • Amat Kasela
    Amat Kasela
    • Harun Purnomo
      Harun Purnomo
  • Amat Kasela
    Amat Kasela
    • Mister Xi
      Mister Xi
    • alasroban
      alasroban
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Mister Xi
      Mister Xi
    • Leong putu
      Leong putu
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • alasroban
    alasroban
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Mister Xi
      Mister Xi
    • Abu Nabila
      Abu Nabila