Shanghai Ditutup, Rekor Baru: Sehari 25.701 Kasus

Shanghai Ditutup, Rekor Baru: Sehari 25.701 Kasus

Petugas medis bergerak dari rumah ke rumah di kawasan padat penduduk Kota Sanghai sejak 5 hari yang lalu. Pengujian massal dilakukan kembali hari ini, Minggu 10 April 2022, setelah kemarin terjadi peningkatan 25.701 kasus baru. -Twitter/@jai_behind-

SHANGHAI, DISWAY.ID - Shanghai ditutup. Pemerintah kota setempat kembali melakukan pengujian massal Covid-19 hari ini, Minggu 10 April 2022. 

Menguji massal dilakukan 2 kali dalam satu hari. Pemerintah Kota Shanghai beralasan ini upaya penanganan maksimal dari sebaran wabah.

Hari ini merupakan hari kelima, upaya pengujian massal  berturut-turut di pusat keuangan China itu berputar.

BACA JUGA: Shanghai Sebentar Lagi Berubah Menjadi Kota Mati seperti Wuhan  

Data dari pemerintah setempat sejak Jumat 8 April 2022 berada angka 25.701 kasus baru, 23.600 dari Shanghai. Ini rekor baru. 

Penduduk Shanghai diminta untuk melakukan tes antigen sendiri. Bahkan dua kali sehari, kemudian mengantri di kompleks untuk melakukan PCR. 

Wakil Walikota Shanghai Zong Ming mengumumkan perubahan kebijakan lockdown. Kebijakan itu disampaikannya dalam konferensi pers, Sabtu 9 April 2022.

BACA JUGA: Media Sosial Shanghai Membongkar Kisah Penguncian ‘Virus China’

Pengetatan wilayah terus dilakukan. Karena penduduk yang tinggal di komunitas dengan kasus Covid-19 dalam 7 hari terakhir dilarang meninggalkan rumah mereka. 

Mereka dikurung di rumah dan tidak dapat meninggalkan daerah tersebut.

Masyarakat yang tinggal di kompleks yang tidak terdeteksi kasus Covid-19 dalam 14 hari terakhir dapat bergerak lebih bebas, namun tetap harus mematuhi aturan social distancing.

BACA JUGA: Moderna Tarik Ribuan Vaksin dari Eropa Lantaran 1 Botol Ditemukan Tercemar

Shanghai sedang membangun fasilitas isolasi untuk ratusan ribu orang di pusat konferensi karena negara itu tetap berpegang pada strategi Covid Zero untuk menghilangkan infeksi.

Pusat keuangan China telah melihat kasus tumbuh dengan cepat sejak penguncian diberlakukan pada 28 Maret yang kini telah meluas ke seluruh kota. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters