Perbedaan Haji Furoda, ONH Plus dan Haji Reguler

Perbedaan Haji Furoda, ONH Plus dan Haji Reguler

Jemaah haji di Kakbah.--

JAKARTA, DISWYA.ID-Musim Haji 2022 diwarnai dengan kabar 46 calon jemaah haji asal Indonesia yang dideportasi oleh Imigrasi Arab Saudi.

46 calon jemaah haji yang belum sempat melaksanakan ibadah haji sedikitpun itu dipulangkan ke Tanah Air oleh Imigrasi Arab Saudi karena menggunakan visa dari Singapura dan Malaysia.  Mereka diketahui datang menggunakan jalur haji Furoda.

Lalu apakah haji furoda itu, apa bedanya dengan ONH Plus dan Haji Reguler?

BACA JUGA:Simak! Kemenag Jelaskan soal Puluhan Haji Furoda Indonesia Dideportasi dari Arab Saudi

Mengutip TreirB, Berikut ini adalah perbedaan haji reguler, Haji ONH Plus dan Haji Furoda;

Haji Reguler;

Secara teknis, pemberangkatan haji Reguler dikelola oleh pemerintah dengan mengikuti aturan kuota tahunan. Pemberangkatan dari tempat pertama kali jamaah mendaftar, kemudian akan menuju Kota Madinah terlebih dahulu sebelum melaksanakan ibadah haji.

Keunggulan dari paket haji Reguler ini adalah biayanya yang murah, bahkan bisa dikatakan biayanya paling murah dari paket haji lainnnya. 

Selain itu jamaah haji juga akan mendapatkan kepastian keberangkatan. Sedangkan, kekurangannya adalah masa tunggunya yang sangat lama.

ONH Plus 2022;

Jika tidak ingin menunggu lama, maka jamaah bisa memilih paket haji yang kedua, yaitu ONH Plus. Paket haji yang satu ini juga termasuk dalam kuota Departemen Agama. 

Hanya saja, teknis pemberangkatannya dilayani oleh swasta atau biasa dikenal travel haji.

Waktu pemberangkatan jamaah haji ONH Plus biasanya dilakukan setelah jamaah haji berangkat seluruhnya, barulah jamaah haji Plus bisa berangkat. 

Namun, keberangkatannya pun sudah bisa dipastikan. Artinya, jamaah tidak akan luntang-lantung menunggu ketidakpastian keberangkatan. Jamaah akan mendapatkan nomor porsi haji, setelah pendaftaran di kemenag selesai yang biasanya diurus oleh pihak travel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: