Dinas KPKP DKI Jakarta Sebut Alami Lonjakan Hewan Kurban, Anies: Pemeriksaan di Jakarta Rapih dan Tertib

Dinas KPKP DKI Jakarta Sebut Alami Lonjakan Hewan Kurban, Anies: Pemeriksaan di Jakarta Rapih dan Tertib

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menyatakan bahwa terjadi lonjakan terutama dalam kebutuhan kambing dan domba. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Elly menyampaikan saat ini pemasukan ternak kurban di DKI Jakarta mencapai 58.010 ekor.

"Memang terjadi lonjakan terutama untuk kebutuhan kambing dan domba, sementara sapinya masih nyaris sama kurang lebih 21.000 kemudian sisanya kambing dan domba," ujar Elly usai salat Idul Adha di Jakarta Internasional Stadion (JIS), Minggu, 10 Juli 2022.

BACA JUGA:Sandiaga Uno Bakal Berikan Beasiswa untuk ABG Citayam SCBD, Ada Titipan dari Ibu Menparekraf

Masih di tempat yang sama, Gubernur DKI Jakarta, Anie Baswedan menyampaikan bahwa luar daerah wilayah Jakarta kebanyakan mengambil hewan kurban yang ditampung di wilayah Jakarta.

Hal itu dikarenakan pihak Pemprov DKI Jakarta dinilai bagus dalam melakukan penampungan, pemantauan dan penyaringan kesehatan hewan ternak dengan baik.

"Kerjasama kita dengan kawan-kawan daerah pemasok, kawan-kawan jabodetabek lebih menyukai membeli dari DKI Jakarta," ujar Anies Baswedan

Tidak hanya itu, pihak pengelola hewan ternak di DKI Jakarta dianggap sigap dalam menanggulangi temuan hewan sakit khusus hewan yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

BACA JUGA:Vladimir Putin Tak Senang Pacar Rahasianya Hamil? Orang Dalam Kremlin: Beliau Sudah Ada Cukup Banyak Anak!

Kesigapan tersebut menimbulkan rasa kepercayaan dari masyarakat terutama di luar wilayah Jakarta dalam memilih hewan kurban. 

"Itulah membuat banyak orang dari luar Jakarta memilih mengambil hewan qurban dari Jakarta karena di Jakarta ada pemeriksaan yang rapih dan tertib," kata Anies.

Dengan adanya kepercayaan tersebut, Anies berharap kesigapan yang dilakukan oleh pengelola hewan ternak di DKI Jakarta bisa menjadi contoh di pengelola hewan ternak lainnya. 

"Kami berharap bisa jadi rujukan untuk semua karena kita berharap agar Idul Adha sistem pemantauan yang disiapkan sejak awal menghasilkan kepercayaan dan semoga ini bisa meluas lagi," pungkasnya.

BACA JUGA:Rini S Bon Bon Meninggal Dunia, Ternyata Pernah Main Bareng Warkop DKI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: