Rencana Pembangunan Jalan Tol Puncak, Pemkab Bogor Mulai Pilih Jalur

Rencana Pembangunan Jalan Tol Puncak, Pemkab Bogor Mulai Pilih Jalur

Ilustrasi. Jalan Tol --

BOGOR, DISWAY.ID- Rencana pembangunan jalan tol yang nantinya menghubungkan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dengan jalur Puncak Bogor-Cianjur akan dikerjakan.

Sebagai awal dari rencana ini, Pemerintah Kabupaten Bogor akan menunjukkan mana lokasi yang layak dan tidak layak untuk dilalui jalan tol.

Pemkab Bogor menyatakan siap membantu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengkaji lahan yang cocok untuk dijadikan sebagai calon jalan Tol Caringin-Puncak.

"Rencananya tahun ini Pemkab Bogor membantu menunjukkan mana yang layak dan tidak. Jadi, jalurnya belum final. Informasinya pra-FS (feasibility study) itu di 2023 nanti," ungkap Pelaksana tugas Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Senin 11 Juli 2022. 

BACA JUGA:Solusi Macet di Jalur Puncak Bogor, Pemerintah Akan Bangun Tol Caringin - Cianjur

Iwan menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor juga akan menyesuaikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) maupun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk mendukung pembangunan Tol Puncak. 

"Kami siap mendukung, namanya juga program nasional. Nanti tata ruangnya, RDTR-nya disesuaikan, karena ini kan program strategis nasional. Ini mencakup empat kecamatan. Ketika revisi, nanti masuk revisi RTRW," terang Iwan. 

Jalan tol tersebut bakal memiliki gerbang atau pintu keluar di wilayah Puncak. Sejauh ini, opsi pintu keluarnya ada di wilayah Megamendung dan Gunung Mas.

BACA JUGA:Jalan Tol Soreang - Pasir Koja Mulai Diberlakukan Tarif Tol Baru

"Jadi, pemda diminta untuk membantu dalam mengarahkan jalurnya. Artinya ini juga tidak keluar dari jalur bisnis, jadi jangan khawatir jalur utamanya akan sepi," ujarnya. Dia berharap, wacana pembangunan jalan tol ini memberikan solusi atas kemacetan Jalur Puncak yang selama 30 tahun ini hanya diatasi dengan rekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah atau one way dan sistem ganjil genap.

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menyebutkan, pembangunan jalan tol adalah solusi terbaik yang mungkin dilakukan untuk menangani kemacetan di kawasan Puncak.

Menurutnya, pemerintah berencana untuk melakukan pembangunan jalan bebas hambatan alias jalan tol dari Caringin menuju Puncak dengan total panjang 18 kilometer. Rutenya, mulai dari Caringin-Cisarua-Gunung Mas. (jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: