Lampu ABS Berkedip Jangan Panik, Langsung Lakukan Pengecekan Ringan

Lampu ABS Berkedip Jangan Panik, Langsung Lakukan Pengecekan Ringan

Berkedipnya lampu indikator ABS pada layar cluster meter bukan berarti rem sama sekali tidak berfungsi namun hal tersebut menandakan ada ada permasalahan.-auto2000-

JAKARTA, DISWAY.ID – Rem menjadi salah satu perangkat yang paling penting pada kendaraan, di mana saat ini rata-rata mobil telah dilengkapi dengan rem ABS (Anti-lock Braking System)

Namun gak usah khawatir jika sedang berkendara lampu indicator ABS berkedip.

“Dengan berkedipnya lampu indicator ABS pada layar cluster meter bukan berarti rem sama sekali tidak berfungsi, namun hal tersebut menandakan ada ada permasalahan yang harus di selesaikan,” papar Nur Imansyah Tara selaku Aftersales Business Division Head Auto2000.

Umumnya indikaor tersebut terdiri atas tulisan ABS di dalam lingkaran yang diapit oleh dua lengkungan di sisi kiri-kanan, di mana semuanya berwarna kuning agar mudah dikenali.

BACA JUGA:Reaksi Ketua KNPI Soal Istri Irjen Ferdy Sambo Minta Perlindungan LPSK, Sosok Bharada E Ikut Disorot

BACA JUGA:Ditanya Soal Kasus Baku Tembak di Rumah Ferdy Sambo, Polda Metro Jaya: Tanya ke Mabes Polri ya...

Tara menambahkan jika saat berkedara mendadak lampu ABS berkedip sebaiknya jangan panic dan dapat melakukan pengecekan ringan.

Adapun yang harus dilakukan antara lain cobalah injak pedal rem dan rasakan apakah ada perbedaan.

Perbedaan yang harus dirasakan saat menginjak pedal rem apakah terlalu dalam dari biasanya atau pengereman terasa kurang menggigit. 

BACA JUGA:Ini Alasan Polisi Tolak Otopsi Ulang Jenazah Brigadir J, Dugaan Pelecehan Naik Penyidikan

BACA JUGA:Kenapa dengan AKP Rita Yuliana? Mendadak Diburu Publik, Ternyata Sosoknya Bukan Polwan Sembarangan

Kalau ini terjadi, segera hentikan mobil dan periksa rem lebih lanjut karena ada risiko kerusakan lain pada sistem pengereman mobil.

Sedangkan penyebab lampu indicator ini menyala menurut Tara agar pemilik atau pengendara segera memberi perhatian pada sistem ABS. 

Biasanya hal tersebut terjadi karena sensor-sensor ABS yang ada pada roda mobil, baik depan maupun belakang, terkena kotoran sehingga membuat sensor error sehingga seolah tidak berfungsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: