Chelsea Produsen Pemain Jempolan, dari Greaves sampai Terry, hingga lulusan 'Pesantren Darul Cobham'

Chelsea Produsen Pemain Jempolan, dari Greaves sampai Terry, hingga lulusan 'Pesantren Darul Cobham'

Chelsea.-Foto: Chelsea/Ilustrasi: Syaiful Amri -disway.id

Dia menggantikan Thiago Silva pada menit ke-39 final Liga Champions kontra Manchester City, membantu The Blues menjaga clean sheet dan memenangkan laga tersebut dengan skor 1-0.

  • Mason Mount

Mason Mount adalah kisah sukses yang masih segar di akademi Chelsea.Gelandang energik ini adalah fans berat Frank Lampard dan bergabung dengan Chelsea di usia enam thaun 2005 lalu. Dia berprogres dengan stabil, menjuarai Piala FA Remaja dua kali dan Liga Pemuda UEFA satu kali.

Dia juga meraih penghargaan Pemain Akademi Terbaik Chelsea tahun 2017. Peminjaman ke Vitesse dan Derby County (di mana dia dilatih Frank Lampard) berbuah manis. Larangan transfer yang dijatuhkan ke Chelsea membuka kesempatan bagi Mount untuk bersinar di musim 2019/20, dan dia memanfaatkannya dengan baik.

Baru 23 tahun, dia sudah menjadi bagian terpenting skuad Chelsea saat ini. Assist-nya buat Kai Havertz di final Liga Champions 2021, yang dimenangkan The Blues dengan skor 1-0, semakin membuatnya dielu-elukan fans.

  • Declan Rice

Pemain kelahiran London ini adalah gelandang paling diambakan di Inggris saat ini. Declan Rice adalah pilihan utama Inggris di bawah Gareth Southgate, dan memainkan peran penting saat The Three Lions mencapai final Euro 2020.

Namun, bintang West Ham ini adalah produk akademi Chelsea. Dia bergabung dengan mereka di usia tujuh tahun pada 2006. Tapi, setelah delapan tahun, The Blues melepasnya.

Rice akhirnya hijrah ke akademi West Ham, dan sejak saat itu tumbuh menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik di Liga Primer Inggris.

Chelsea pun saat ini disebut-sebut sebagai salah satu klub yang tertarik mendatangkannya. Mungkin, mereka akan memulangkan sang mantan yang mereka campakkan.

Seperti Mount, James adalah satu lagi kisah sukses akademi Chelsea yang masih segar. Bek kanan 22 tahun ini membersamai Chelsea di sepanjang karier juniornya, kecuali saat sebentar main untuk Fulham.

James mengapteni Chelsea jadi juara Piala FA Remaja pada 2017, dan langsung digadang-gadang jadi calon bintang.

Setelah dipinjamkan ke Wigan, James mulai merebut tempat di tim utama Chelsea, berkat kemampuan crossing-nya dan kebolehannya mencetak gol.

Dia pun menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Chelsea di Liga Champions pada 2019, ketika di mencetak gol ke gawang Ajax di laga dramatis yang berakhir dengan skor 4-4.

Penampilan brilian James bahkan menarik minat klub raksasa seperti Real Madrid, tapi Chelsea bertekad untuk terus mempertahankan salah satu pemain paling populer yang mereka produksi sendiri.

  • Callum Hudson-Odoi

Banyak yang menganggap Callum Hudson-Odoi adalah salah satu pemain paling berbakat yang pernah lulus dari Cobham.

CHO bergabung dengan Chelsea pada 2007 dan digadang-gadang menjadi bintang potensial di usia yang sangat muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: goal