Film Musikal 'Maos' Sarat Budaya Lokal dan Berlatar Pergerakan Melawan Penjajah

Film Musikal 'Maos' Sarat Budaya Lokal dan Berlatar Pergerakan Melawan Penjajah

Atensi luar biasa dari masyarakat serta Bupati Cilacap pada penayangan film musikal Maos, Minggu 31 Juli 2022.-Dok. Sankanparan Visual Multimedia untuk Radarmas-

CILACAP, DISWAY.ID-- Film musikal "Maos” hasil garapan rumah produksi Sangkanparan Visual Multimedia berhasil mendapat perhatian luar biasa dari masyarakat hingga Forkompimda di Cilacap.

Demikian terlihat antusiasme masyarakat pada tayangan perdana Film musikal "Maos" di Bioskop Dakota Cinema Cilacap, Minggu 31 Juli 2022.

Insan Indah Pribadi selaku sutradara film ”Maos” mengatakan film ini dilatar belakangi pada masa pergerakan melawan penjajah.

BACA JUGA:Irjen Purnawirawan Heran Ada Perwira Mengawal Bharada E

Pada saat itu pemeran utama menggunakan motif-motif batik untuk mengecoh serta melawan penjajah.

“Pemeran utama mengunakan motif batik dalam melawan penjajah seperti untuk menyerang musuh, bertahan serta tanda aman pemberitahuannya dengan menggunakan motif batik,” jelasnya.

Selain itu unsur kesenian lain juga disertakan, seperti demi menghindari penjarahan hasil bumi para pejuang daerah menyuguhkan kesenian lengger untuk para menir Belanda.

“Dalam alur cerita untuk menghindari perampasan hasil bumi disuguhkan tarian lengger untuk mengecoh perampasan hasil bumi,” jelas Insan lebih lanjut.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamudji yang ikut menonton tayangan perdana film tersebut sangat mengapresiasi pertunjukan film itu, terlebih menayangkan budaya lokal asli Cilacap.

BACA JUGA:Nikmati Indahnya Negeri di Atas Awan dari Bumi Makukuhan Temanggung, Cek Lokasinya

Karya ini sebagai penggugah generasi muda untuk berinovasi serta berkreasi dalam memajukan kabupaten Cilacap dalam bidang kesenian.

“Film ini mengangkat amazing local culture pake bahasa ngapak lagi, sangat bagus,” lanjut Bupati.

Dia menghimbau kepada anak muda serta sekolah untuk menonton film tersebut untuk melahirkan inovasi-inovasi dibidang seni lainnya.

(Artikel ini telah tayang di radarbanyumas.co.id dengan judul Film “Maos” Tayang Perdana, Ajak Generasi Muda Angkat Budaya Lokal Cilacap)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: