Arab Saudi Buka Seluas-Luasnya Jumlah Kuota Jemaah Umrah, Kemenag: Alhamdulillah

Arab Saudi Buka Seluas-Luasnya Jumlah Kuota Jemaah Umrah, Kemenag: Alhamdulillah

Jemaah haji asal Indonesia saat melaksanakan umrah. Mulai 19 Juli 2022, Pemerintah Arab Saudi akan membuka lagi pendaftaran umrah. Foto: MCH 2022/Disway--

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kerajaan Arab Saudi memastikan membuka seluas-luasnya jumlah kuota jemaah umrah pada tahun 2022 ini.

Kepastian itu didapat Direktur Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama Nur Arifin setelah mengikuti pertemuan dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di Makkah, Rabu 3 Agustus 2022.

Adapun kepastian tentang mekanisme penyelenggaraan umrah ini seiring dengan rampungnya musim haji 2022.

BACA JUGA:Uang Pensiunan Perwira Pertama TNI Rp 4,1 Juta per Bulan Dirasa Jokowi Kurang, Katanya: Saya Tahu, Apalagi..

“Alhamdulillah, dari pertemuan ini kita mendapat kepastian bahwa Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi membuka seluas-luasnya jumlah kuota jamaah umrah tahun 1444 H, khususnya dari Indonesia,” ujar Nur Arifin.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa terkait penerbitan visa, prosesnya tidak lagi harus melalui provider visa di Indonesia.

Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) kini bisa langsung bekerja sama dengan provider visa di Arab Saudi yang sudah diakui Kementerian Haji dan Umrah.

“Masa berlaku visa umrah yang awalnya hanya sebulan, kini menjadi tiga bulan. Jamaah umrah juga dapat mengunjungi seluruh wilayah di Arab Saudi,” terang Nur Arifin dalam keterangan tertulisnya.

“Kebijakan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi terkait dengan penerbitan visa umrah bagi jamaah umrah dari Indonesia masih tetap business to business,” imbuhnya.

BACA JUGA:Persib Bandung Boyong 22 Pemain ke Kalimantan, Apa Kabarnya Ricky Kambuaya?

Sementara Kasubdit Pengawasan Umrah dan Haji Khusus M. Noer Alya Fitra menambahkan, orang yang datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa selain umrah, juga dapat beribadah umrah. 

Bahkan, visa transit 24 jam juga dapat melaksanakan ibadah umrah dengan melakukan booking terlebih dahulu di aplikasi Tawakkalna atau Eatmarna.

“Aplikasi Tawakkalna dan Eatmarna tetap diberlakukan bagi setiap orang dalam pelaksanaan umrah, termasuk saat masuk ke Raudah di Masjid Nabawi,” paparnya.

Guide atau muthawwif jamaah umrah, khususnya jamaah dari Indonesia, tidak harus orang Saudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: