5 Jenis Makanan Diklaim Bisa Bersihkan Paru-Paru, Buruan Dicoba Yuk

5 Jenis Makanan Diklaim Bisa Bersihkan Paru-Paru, Buruan Dicoba Yuk

5 Bersihkan Paru-paru Alami dengan Cara Alami--Freepik/Checking x-ray--

JAKARTA, DISWAY.ID - Perlu diketahui, ternyata ada sejumlah makanan pembersih paru-paru lho.

Meski ada sejumlah makanan yang diklaim bisa bersihkan paru-paru, namun anda juga harus tetap menjaga pola  hidup sehat lho.

Pola hidup yang sehat yaitu perbanyak olahraga, hindari merokok dan konsumsi makanan sehat.

BACA JUGA:Ajudan Istri Ferdi Sambo Brigadir RR Jadi Tersangka, Pasalnya Berbeda dengan Bharada E

Dengan hidup sehat, bisa menjaga agar paru-paru tetap sehat. Dilansir dari alodokter, berikut 5 makanan yang diklaim buat paru-paru sehat:

1. Buah-buahan

Berbagai macam buah-buahan, seperti apel, jeruk, bit, dan buah beri, bisa menjadi pilihan makanan pembersih paru-paru. Buah-buahan tersebut mengandung berbagai nutrisi penting, seperti nitrat, kalium, vitamin C, flavonoid, beta karoten, lutein, serta berbagai macam antosianin, yang baik untuk paru-paru.

2. Sayur-sayuran

Beragam sayuran, seperti paprika, kol merah, dan tomat, juga diduga bisa dijadikan sebagai makanan pembersih paru-paru. Sayuran tersebut mengandung vitamin C, likopen, antosianin, serat, dan magnesium yang dipercaya dapat membantu membersihkan paru-paru.

Berbagai nutrisi tersebut juga diduga dapat meningkatkan fungsi paru-paru, terutama jika Anda pernah atau memiliki kebiasaan merokok.
BACA JUGA:Hasil MotoGP 2022, Silverstone: Bagnaia Menang, Vinales Podium 2, Miller Lengkapi Kemenangan Ducati

3. Kacang-kacangan

Kacang edamame, kacang brazil, kacang almond, dan kacang mete adalah pilihan kacang-kacangan yang bisa dijadikan sebagai makanan pembersih paru-paru.

Kacang-kacangan tersebut diketahui mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan paru-paru, seperti isoflavon, selenium, dan magnesium.

4. Kunyit

Salah satu rempah yang bisa dijadikan sebagai pilihan makanan pembersih paru-paru adalah kunyit. Kunyit diketahui mengandung senyawa kurkumin yang berperan sebagai antioksidan dan antiradang. Senyawa tersebut dipercaya dapat mendukung kesehatan paru-paru.

5. Susu dan produk olahannya


Susu dan produk olahannya, seperti yoghurt dan keju, mengandung kalsium, kalium, fosfor, dan selenium yang diketahui mampu membantu membersihkan paru-paru. Nutrisi-nutrisi tersebut juga dipercaya dapat menjaga kesehatan dan fungsi paru.

BACA JUGA:74.380 Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah Air, 49 Orang Masih Dirawat di RS Arab Saudi dan KKHI

Beberapa orang mungkin kerap mengabaikan kesehatan paru-paru. Padahal, salah satu organ vital pada tubuh manusia ini memiliki peran yang sangat penting dalam peredaran oksigen ke seluruh tubuh.

Jika Anda merasakan berbagai keluhan pada paru-paru, seperti sesak napas, napas berbunyi (mengi), dada terasa sesak, dan batuk, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: