Festival Pekalipan Diresmikan sebagai Kawasan Wisata Kuliner Cirebon

Festival Pekalipan Diresmikan sebagai Kawasan Wisata Kuliner Cirebon

Peresmian Kawasan Wisata Kuliner Kota Cirebon, Sabtu 24 September 2022. -Instagram-

CIREBON, DISWAY.ID-Festival Pekalipan Cirebon diresmikan, Sabtu 24 September 2022. 

Festival Pekalipan Cirebon adalah kawasan wisata di Jalan Pekalipan yang berisikan ragam kuliner serta pertunjukan seni dari sanggar dan seniman Kota Cirebon.

Festival Pekalipan Cirebon berada di sepanjang Jalan Pekalipan sampai ke Jalan Lawanggada. 

Launching Festival Pekalipan Cirebon mengambil tema 'Akurturasi Budaya Caruban Nagari' dengan pengisi acara pertunjukan kesenian Topeng Losari Purwakencana, Sanggar Ginanjar Rahayu, PSB Kelabang, Tarian Sufi Al Jazeera serta tak lupa suguhan kuliner jajanan khas Cirebon. 

Lokasi jalan Pekalipan itu sendiri sebelumnya memang ramai tenda jajanan dan kuliner, kini Pemerintah Kota Cirebon resmi menjadikannya sebagai kawasan kuliner. 

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, Iing Daiman menjelaskan, Festival Pekalipan Cirebon adalah rebranding salah satu kawasan kuliner.

BACA JUGA:Pelajar SMA yang Bully Anak SLB di Cirebon, Ini Penjelasan Kapolres

BACA JUGA:Siapa Said Fikriansyah? Warga Kota Cirebon yang Disebut Sebagai Hacker Bjorka

Dengan dibrandingnya pusat kuliner yang sudah ada di Jalan Pekalipan diharapkan nantinya bisa menjadi one stop shopping, one stop kuliner sekaligus one stop tourism.

"Kita ingin makan dan hiburan nanti ada di situ. Sehingga bisa menarik kunjungan wisatawan,” tutur Iing.

Nantinya, lanjut Iing, kawasan Pekalipan akan dibuat lebih cantik dan menarik menggunakan gapura dan lampu-lampu hias yang menarik.

Juga akan ada panggung hiburan yang didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dengan melibatkan seniman dan budayawan.

 “Seniman dan budayawan akan performance disana,” tutur Iing.

Tampak acara peresmian Festival Pekalipan Cirebon ramai dikunjungi masyarakat. Tak hanya mencicipi kuliner yang dijajakan namun pengunjung juga disuguhkan pertunjukan seni dan aksi yang menarik. 

Sumber: radarcirebon.disway.id