Satgas Damai Cartenz Kembali Amankan Tersangka Penyuplai Senjata dan Amunisi KKB di Timika

Satgas Damai Cartenz Kembali Amankan Tersangka Penyuplai Senjata dan Amunisi KKB di Timika

Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz 2022 merilis pengungkapan jaringan Senmu KKB Intan Jaya di Mimika.-Polda Papua -

JAYAPURA, DISWAY.ID-- Aparat Kepolisian yang tergabung dalam Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz 2022 kembali berhasil mengungkap jaringan Senmu KKB Intan Jaya di Mimika. 

Dalam pengungkapan kasus ini, Pihak Kepolisian (Satgas Gakkum) mengamankan ketua KNPB Mimika yang diduga sebagai pelaku utama dalam kasus tersebut.

Kasatgas Humas Opss Damai Cartenz Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal dikonfirmasi membenarkan peristiwa pengungkapan tersebut. 

BACA JUGA:Peringati Hari Adhyaksa, Pemprov dan Kejati Banten Adakan Operasi Katarak dan Hernia

Kombes Pol Ahmad mengatakan, kronologi penangkapan ini terjadi pada hari Kamis 22 September 2022 kemarin. 

Setelah mendapatkan informasi terkait adanya rencana Transaksi Senmu oleh Jaringan Senmu KKB Intan Jaya di Kab. Mimika, tim langsung melakukan penyelidikan terhadap pelaku. 

Setelah berhasil mengumpulkan informasi tim langsung bergerak dan melakukan penangkapan pelaku MN di Kabupaten Mimika.

"Setelah berhasil kita amankan, kita lakukan penggeledahan dirumah tersangka dan menemukan sejumlah barang bukti. Kemudian kita lakukan pengembangan terhadap pelaku MN," ujar Kombes Ahmad.

Dalam penangkapan tersebut, Pihak Kepolisian berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yakni 1 buah tas samping warna hitam bertuliskan tas, 2  buah kantong plastik warna hitam, 95 butir amunisi tajam berwarna kuning bergaris hijau caliber 5.56.

BACA JUGA:DRRC UI Bersama Kemenparekraf Luncurkan Program DeWi, Bangun Wisata Berkelas Dunia

Kemudian 18 butir amunisi karet berwarna kuning bertuliskan pin 7.62 TK, 9 buah besi rel amunisi bertuliskan pin K50, 1 buah hp vivo warna merah tipe 1820, 1 buah hp nokia 105 warna hitam, 1 unit hp merk samsung galaxi a13 warna cokelat dan 1 buah hp nokia 105 warna pink.

Setelah melakukan pengembangan, Pihak Kepolisan kembali mengamankan 2 tersangka lainnya pada Jumat 23 September 2022.

Dua inisial pelaku yang berhasil diamankan yakni BK dan YA yang merupakan ketua KNPB Wilayah Mimika. Keduanya merupakan warga Kebun sirih Kab. Mimika.

"Untuk kedua tersangka di tangkap di lokasi yang berbeda. Dimana untuk tersangka MN berhasil di amankan di SP 5 Depan Kantor Bupati lama dan YA diamankan di Kediamanya di Kebun Sirih," jelas Kombes Ahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: